Menkeu: Pejabat Daerah Takut Kelola Dana Desa

JAKARTA - Banyaknya pejabat daerah yang ketakutan mengelola dana disebut berdampak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak cairnya dana yang menganggur sehingga penyerapan belanja daerah cukup kecil.
Menteri keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menyatakan, pemerintah memang akan mengatur beberapa peraturan terkait mengatasi hal tersebut. Hal ini juga akan menjadi aspek pendukung pertumbuhan Indonesia.
"Kenapa di daerah ada uang Rp255 triliun nganggur itu karena sebagian ketakutan dari pejabat daerah. Jadi bayangkan kalau pejabat daerah tidak ketakutan seperti sekarang, itu mungkin sebagian dari uang-uang di bank daerah sekarang sudah bisa cair dan dampaknya langsung ke pertumbuhan," ungkap Bambang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (13/7/2015).
Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Sofyan Djalil memang telah membocorkan peraturan yang akan mempercepat laju pertumbuhan Indonesia. Aturan tersebut akan tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) pelaksanaan administrasi, Peraturan Presiden (Perpres) percepatan pembangunan dan strategi, serta Instruksi Presiden (Inpres) yang memerintahkan semua eselon untuk mempercepat program pembangunan.
"Ya, ya, mungkin tanya Pak Menko saja. Tapi memang itu terkait dengan turunan UU administrasi pemerintahan," ujar Bambang.
"Pasti ada (ketakutan pejabat daerah untuk dikriminalisasi) daerah maupun pusat. Karena melihat pola masa lalu dan adanya ketidakjelasan peraturan, karena itu perlu ada kejelasan," tandas dia.
Sumber : http://economy.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar