Coban Talun Dilengkapi Pusat Pendidikan Bencana

Rabu, 24 Juni 2015, Malang Post

BATU – Kawasan Coban Talun tidak hanya digunakan sebagai destinasi objek wisata baru di Kota Batu. Wana wisata tersebut diharapkan juga menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bencana alam. Wisatawan yang datang ke Coban Talun bisa menikmati pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana ini.
Keinginan Coban Talun dijadikan
lokasi diklat bencana alam tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Batu, Eddy Rumpoko. ER, sapaan akrabnya, malahan sudah mengajukan keinginan tersebut dalam pembahasan Raperda Bencana Alam melalui sidang paripurna DPRD Kota Batu, Senin (22/6) lalu.
 ‘’Kami ingin wisatawan bisa menikmati keindahan alam di Coban Talun dengan berbagai fasilitasnya. Kami juga menginginkan Coban Talun menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bencana alam, sehingga mereka yang membutuhkan diklat atau pengetahuan tentang bencana, kiblatnya ada di Coban Talun,’’ tegas ER.
Sebagai pusat diklat bencana, Pemkot Batu otomatis melibatkan BPBD Kota Batu sekaligus menggandeng BNPB Jatim. BPBD dan BNPB bisa menyediakan materi yang dibutuhkan oleh pengunjung. BPBD dan BNPB sekaligus bisa menjadi pemateri jika pengunjung atau wisatawan membutuhkan diklat.
Pemkot Batu sendiri sudah berupaya semakin mengenalkan Coban Talun sebagai destinasi baru yang lebih lengkap. Salah satunya, lokasi tersebut dijadikan kunjungan Presiden Joko Widodo saat launching beberapa kartu sakti.
Selain itu, Coban Talun biasa digunakan untuk penyelenggaraan even mulai enduro hingga rock gunung dengan menghadirkan band kenamaan Godbless. Pemkot juga sudah mengajukan anggaran Rp 3,7 Miliar untuk penambahan fasilitas di Coban Talun. Anggaran tersebut bakal digunakan untuk pembangunan jogging track, serta fasilitas lain yang ada di wna wisata tersebut.  (feb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar