Dana Desa Bisa Atasi Krisis Air

JAKARTA -- Musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan beberapa daerah mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Kekeringan di beberapa daerah, menyebabkan banyak petani gagal panen dan banyak desa mengalami krisis air bersih.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, membangun infrastruktur air untuk mengatasi berbagai masalah kekeringan yang terjadi di daerah harus dilakukan.
"Pembangunan infrastruktur air seperti saluran irigasi dan waduk untuk penampungan air harus dilakukan," katanya, Kamis, (30/7).
Dana desa bisa digunakan untuk pengadaan irigasi pedesaan dan pembangunan tempat-tempat penampungan air. Pengadaan air ini harus diperhatikan karena air sebagai sumber kehidupan. 
Desa yang satu dengan desa yang lain, ujar Marwan, harus saling bekerjasama dalam mengatasi krisis air. Masalah ini harus segera diatasi.
"Kami juga  melakukan koordinasi lintas kementerian untuk mengatasi bencana kekeringan. Salah satunya dengan kementerian PU agar bisa mempercepat pembangunan infrastruktur air seperti irigasi untuk distribusi air dan juga waduk untuk penampungan air," kata dia.
Hingga saat ini krisis air yang disebabkan kemarau panjang masih dialami di beberapa daerah. Salah satunya terjadi di sejumlah desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
 Sumber :http://nasional.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar