LMDH Tolak Investor Coban Talun, Siap Tutup Jalan



MALANGTIMESMuhammad Agus Salim 17-07-2014 - 12:27 WIBUntuk mengembangkan wana wisata Coban Talun Pemerintah Kota Batu menawarkan diri untuk menjadi fasilitator mendatangkan investor. Namun ternyata rencana itu langsung ditolak mentah-mentah oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.
Menurut Ketua LMDH Desa Tulungrejo Kota Batu, Sukri Sardi apabila investor masuk untuk mengembangkan Coban Talun hanya akan menjadikan masyarakat di sekitar wisata tersebut menjadi penonton. “Sangat tidak setuju mas. Karena hanya akan menjadikan masyarakat di sini menjadi penonton saja,” katanya.
Sardi menuturkan lemahnya sumber daya manusia menjadi faktor kemungkinan besar yang hanya akan menjadikan masyarakat tersebut tidak dilibatkan apabila investor masuk ke wisata tersebut, “Sumber daya masyarakat sekitar sini kan lemah mas. Pasti hanya akan menjadikan penonton. Kalau pun iya, paling hanya menjadi buruh harian seperti itu.” tuturnya.
Selain itu, apabila ada investor masuk ke wisata Coban Talun tersebut dan kemudian tidak melibatkan masyarakat. Pihaknya akan menutup akses jalan menuju wisata tersebut. “Kalau masyarakat sekitar tidak dilibatkan. Ya kami tinggal tutup jalannya mas. Jalan menuju Coban Talun kan melewati jalan kampung kami,” ujarnya.
Bagi mereka apa artinya pengembangan wana wisata kalau harus mengorbankan masyarakat sekitar. “Kami tidak ingin menjadi korban dari kebijkan investor. Bagi kami lebih baik kondisinya begini saja daripada ada investor kami malah jadi penonton,” katanya. (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar