SD Tulungrejo 3 terima bantuan Lab Komputer

BATU–  Menjelang tutup tahun, tiga sekolah di Kota Batu mendapatkan bantuan laboratorium komputer, kemarin. Yakni SMP Taman Siswa di Jalan Agus Salim Kecamatan Batu, SMPN 5 Desa Sumberbrantas dan SD Tulungrejo 3 Kecamatan Bumiaji.  Penyerahan laboratorium komputer dipusatkan di SMP Taman Siswa dan dihadiri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko serta pejabat Pemkot Batu.  ER, panggilannya sempat berdialog dengan para guru maupun pengelola SMP tertua di kota apel ini.

“Sudah bisa dioperasikan ya?,” tanyanya sambil melihat laboratorium itu. Ketika launching, laboratorium juga sudah dilengkapi dengan tenaga operator serta siswa SMP Taman Siswa yang sedang praktek. Di ruangan itu juga dilengkapi layar lebar, yang diletakkan di bagian depan. Dengan layar tersebut, memudahkan operator maupun guru menerangkan pelajaran IT di sekolah itu. Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Budi Santoso menjelaskan, laboratorium komputer tersebut merupakan bantuan tahap pertama yang tahun ini secara khusus diberikan kepada sekolah-sekolah yang kekurangan siswa.
“SMP Taman Siswa ini memiliki 27 siswa, dan sekolah seperti ini harus dikembangkan sehingga kegiatan belajar mengajar bisa bergairah lagi,” tegas Tossi, sapaan akrabnya. Taman Siswa mendapat bantuan 14 unit komputer lengkap dengan layar, CD berisi ilmu pengetahuan dan jaringan internet. Begitu juga dengan sekolah-sekolah lain, juga mendapat bantuan yang jumlahnya hampir sama. Sekolah berbasis IT, kata dia, untuk terus mengembangkan pendidikan di Kota Batu.
“Tujuannya, pengembangan dilakukan agar output siswa dari Kota Batu bisa bersaing dengan siswa asal kota-kota besar, seperti Surabaya dan Jakarta.  Dengan bantuan laboratorium komputer itu, pasti akan membuat pengelola SMP Taman Siswa lebih percaya diri menyambut tahun ajaran baru. Sebab, fasilitas tehnologi tersebut bisa memantik semangat anak-anak lulusan SD untuk sekolah di SMP Taman Siswa,” pungkasnya.
Kepala SMP Taman Siswa, Ki Heru Sunyoto mengatakan, dengan tambahan fasilitas tersebut juga telah menjadikan siswa di sekolah itu kian kerasan belajar di sekolah. Dia yakin saat penerimaan siswa baru, diharapkan jumlah siswa dapat meningkat dari tahun tahun sebelumnya. “Semoga dapat berkembang lebih baik pendidikan di sekolah ini, dengan tambahan laboratorium  IT,” harapnya.
Nantinya, teknis pelajaran di sekolahnya diperbanyak pelajaran tentang IT. Rincinya, 60 persen pelajaran yang bersangkutpaut dengan IT dan 40 persennya pelajaran umum. Dijelaskan dia, para guru  juga dibekali pelajaran IT agar bisa mengoperasikan laboratorium komputer dengan baik. ”Tahun depan, pendaftaran siswa baru pun sudah bisa  lewat online, dan kami akan lebih getol mempromosikan sekolah ini melalui web dan sejenisnya,” pungkasnya. (feb/mik/lyo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar