Sosialisasi Lomba Gapura Asian Games 2018 Di Kantor Diskominfo Jawa Timur

KIM Anjasmoro Tulungrejo Batu – Bertempat di Dinas Kominfor Jawa Timur Jl. A Yani 242-244 Surabaya, Selasa 3 Juli 2018 dihadapan 38 Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota Se Jawa Timur dan Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se jawa Timur, Perwakilan Panitia Asian Games 2018 Andi Muslim dan Jessica melakukan sosialisasi Asian Games. Menurut narasumber acara ini akan mendukung untuk jadi agenda Nasional. Asian Games merupakan event bergengsi dengan anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah sebesar Rp 46 M untuk bertanding, dan menjadi kebanggaan besar bangsa Indonesia. Provinsi Jawa Timur atletnya 20 % jadi peserta Asian Games 2018. Inpres 2 th 2016 dukungan Asian Games, kita semua rakyat Indonesia diarahkan untuk meramaikan acara tersebut. Dengan lomba menghias Gapura 17 Agustusan bertemakan Asia Games. Untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakannya seraya turut mendukung Asian Games ke-18 dengan Lomba Menghias Gapura. Lomba ini merupakan sinergi kerjasama antara KOMINFO dan Panitia Asian Games (INASGOC), dimana INASGOC menfasilitasi arahan kreatif konsep lomba (termasuk aset kreatif) dan support penjurian. KOMINFO berperan melakukan sosialisasi & eksekusi lomba ini. Rekomendasi INASGOC untuk menjangkau seluruh Nusantara perlu melibatkan TVRI dan RRI untuk sosialisasi.
Tema dari Asian Games 2018 adalah LOMBA GAPURA ENERGY OF ASIA untuk mencerminkan semangat yang memancar dari Asia, dengan beragam warna, bahasa dan budaya Asia. Untuk pemilihan tema gapura, diharapkan dapat membawa semangat positif dan mencerminkan tema ENERGY OF ASIA ini dengan topik seperti berikut: Olahraga dan Maskot Asian Games Sosialisasi dilakukan penyebaran melalui TVRI & RRI sebagai saluran penyiaran pemerintah, menggunakan berbagai saluran digital (website & sosial media) untuk create awareness & memicu engagement masyarakat, dan berkolaborasi dengan Dinas Kominfo dan OPD lainnya tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai penggerak partisipasi masyarakat secara langsung. Tagar Utama : #DUKUNGBERSAMA, Untuk menciptakan sinergi dengan campaign besar “Dukung Bersama” yang diusung pemerintah (KOMINFO) dan #GAPURAASIANGAMES, Berfungsi sebagai identitas terpisah khusus untuk lomba Gapura sebagai salah satu bentuk dukungan masyarakat terhadap semarak Asian Games 2018.
Syarat Peserta : 1. Grup Peserta adalah warga/karang taruna perwakilan resmi dari daerah setingkat dusun/desa. 2. Peserta memiliki 1 Gapura yang akan dihias sesuai tema perayaan proklamasi dan asian games. 3. Tiap Kelompok peserta maksimal terdiri dari 10 orang Cara Pendaftaran Peserta : 1. Peserta bisa mendaftar melalui pemda/dinas kominfo daerah atau mendaftar langsung di laman DukungBersama.id 2. Peserta yang sudah mendaftar akan diverifikasi oleh pemda/dinas kominfo dan panitia lomba pusat 3. Peserta terdaftar akan tertera di laman lomba gapura DukungBersama.id Cara Submission Hasil Karya Hias Gapura : 1. Peserta wajib mengupload 3 buah foto gapura yang ketika proses pengerjaan dan sudah didekor dengan tulisan Asian Games/Logo/3 Maskot Asian Games ke laman dukung bersama lomba gapura. 2. Peserta wajib mengupload video amatir hasil jadi dekorasi gapura masing-masing durasi 1 menit ke laman dukung bersama lomba gapura. 3. Peserta bisa mengirimkan karya mereka sampai dengan tanggal 19 Agustus 2018.
Mekanisme Seleksi Nominasi Pemenang : 1. Pemerintah Provinsi akan mengusulkan 3 kandidat pemenang 2. Panitia pusat akan memilih 3 kandidat juara/provinsi dan pemenang harapan untuk dinilai bersama dengan dinas kominfo masing-masing. 3. Hasil Karya Gapura akan dinilai oleh para juri yang terdiri atas elemen : - Kominfo - INASGOC - Agency 4. Kriteria penjurian ditentukan berdasarkan skoring Juri atas : - Kreatifitas Visual - Kreatifitas Penggunaan Bahan - Pemilihan Tema Pengumuman Pemenang : 1. Pemenang terpilih akan diumumkan dalam laman dukung bersama. 2. Panitia pusat melalui dinas kominfo daerah akan berkomunikasi langsung dengan pemenang untuk menyampaikan hasil lomba. 3. Pengumuman pemenang dibagi 2 tahap, setiap Provinsi dipilih 2 kandidat dikompetisikan di tingkat nasional. 4. Pemenang tingkat Provinsi akan diundang ke Jakarta untuk menonton pembukaan Asian Games di Jakarta. 5. Hadiah untuk Juara ke 1 berupa uang tunai Rp 25 jt, juara ke 2 sebesar Rp 15 jt, dan juara ke 3 hadiah Rp 10jt. 6. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2018
Batasan Gapura : Gapura TIDAK boleh menampilkan hal-hal seperti berikut: • Merek dagang / Brand tertentu, baik sponsor maupun non-sponsor Asian Games 2018. • Modifikasi maskot Asian Games • Bendera dan lambang negara yang dimodifikasi • Bendera dan lambang negara dari negara yang bukan peserta Asian Games • Visual yang mengandung unsur seks dan agama • Visual rokok atau aktifitas merokok dan penggunaan zat terlarang lainnya • Elemen-elemen partai politik ataupun visualisasi tokoh politik • Tindak kekerasan pada sesama manusia ataupun hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar