Pantai Teluk Asmara Di Malang Selatan

KIM Anjasmoro Tulungrejo Batu - Merupakan deretan pantai yang berada di Samudra Indonesia yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, East Java, Indonesian lokasinya dekat dengan pintu masuk Pantai Goa Cina. Jarak dari pusat Kota Malang lebih kurang 80 Km. Rute yang akan dilewati bila dari arah Kepanjen, wisatawan dapat melewati Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco. Sesampainya di perempatan menuju arah Balekambang, belok kiri menuju Pantai Goa Cina. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke utara menuju arah Kota Malang. Setelah perjalanan kurang lebih 1 km, Anda akan menemukan gerbang menuju Pantai Teluk Asmoro yang lokasinya berada di kanan Jalan. Dari pintu gerbang ini, Pantai Teluk Asmoro berjarak sekitar 1,5 km.
Teluk Asmara pemandangan dan keindahan alamnya memang sangat indah sekali. Jarak dari tempat parkir kendaraan ke lokasi Teluk Asmara ditempuh dengan berjalan kaki lebih kurang 500 meter dan jalannya menanjak. Bagi yang kurang sehat badannya agar berjalan dengan pelan-pelan karena kondisi medan sangat curam dan melelahkan. Kondisi tersebut akan terobati bila sudah sampai di tepi pantai Teluk Asmara. Hari libur Minggu, 1 Juli 2018 pengunjung yang datang dari berbagai daerah sangatlah melimpah ruah, maklum dengan ticket masuk seharga Rp 10.000,- per orang cukup terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Yang sangat disayangkan di Pantai Teluk Asmara jumlahnya toilet kurang begitu memadai. Antrian yang mau mandi maupun buang air kecil sangat panjang tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang mengantri. Sangat berbeda jauh dengan kondisi di Pantai sebelahnya seperti Pantai Balekambang. Antrian yang mau shalat dhuhur pun demikian pula, jama’ah yang mau shalat antri panjang sekali sedangkan tempat wudhu yang tersedia hanya 2 (dua) buah kran dan yang keluar airnya hanya 1 (satu) buah kran itupun keluarnya sangat kecil sekali. Seolah-olah kebutuhan pengunjung kurang diperhatikan dan dibuat asal-asalan saja.
Yang lebih membuat jengkel yaitu menjelang pintu masuk ada beberapa orang yang melarang mobil masuk katanya tidak ada tempat untuk parkir dan parkir dikatakan sudah sangat penuh. Rombongan mobil yang penulis naiki memaksakan diri tetap masuk, apabila tidak muat kita akan kembali begitu dalih sopirnya. Setelah kita masuk puluhan mobil mengikuti dari belakang ikut masuk pula. Sesampai di tempat parkir yang tersedia, memang kondisi parkir sudah penuh tetapi mobil masih bisa masuk karena lokasi yang dipakai untuk tempat parkir sangatlah luas sekali. Akhirnya kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa pengunjung dibohongi supaya parkirnya jauh agar terpaksa berjalan kaki dan bagi yang punya uang akan memakai jasa tukang ojek sepeda motor.
Menurut informasi bahwa Pantai Teluk Asmara ini baru beroperasi lebih kurang 1 (satu) tahun, tentunya dengan potensi alam yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa tinggal mengharapkan kejelian pengelola wisata untuk bisa memberikan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung. Ditemui adanya pagar pengaman dijalan yang menanjak pembatasnya memakai kayu dan tali tampar yang roboh karena hanya asal-asalan menancapkan ditanah, hal ini sangatlah membahayakan para pengunjung yang datang. Semoga kedepan Pemerintah Kabupaten Malang bisa membuat regulasi yang lebih mengutamakan keselamatan para wisatawan, dan bisa mengawasi para pengelola yang kurang memperhatikan bagi keselamatan pengunjung wisata alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar