Pembinaan Plt. Camat Bumiaji Dalam Menyusun Perdes APBDesa Kepada Pemerintahan Desa Tulungrejo

Kim Anjasmoro Tulungrejo Batu – Bertempat di Balai Pertemuan Desa Tulungrejo pada hari Jum’at tanggal 13 Juli 2018 PLt. Camat Bumiaji melakukan pembinaan terhadap Pemerintahan Desa Tulungrejo. Hadir dalam acara tersebut Ketua beserta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tulungrejo, Perangkat Desa, Kepala Dusun, dan Staf sejumlah 25 orang.
Acara dimulai sejak pukul 20.00 dan berakhir pukul 23.20. Kepala Desa Tulungrejo Suliono sangat mengapresiasi inisiatif dari Plt. Camat Bumiaji Aditya Prasaja yang melakukan pembinaan langsung kesemua Perangkat Desa dan BPD. Agar selama ini dalam praktiknya selama penyusunan anggaran desa semua lembaga di desa bisa mengerti akan tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta tidak akan terjadi tumpang tindih dan kekeliruan dalam pengangarannya.
Plt. Camat Bumiaji menginginkan dalam proses penyusunan Peraturan Desa (Perdes) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tidak hanya sekedar copy paste dari Perdes APBDesa dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya berdasarkan keinginan semata, tetapi berdasarkan kebutuhan. Dan diharapkan penganggaran yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat bisa dianggarkan sesuai kebutuhan. Sehingga Visi dan Misi Walikota Batu Dewanti Rumpoko Desa Berdaya, Kota Berjaya bisa segera terwujud.
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tulungrejo Bambang Eko Pribadi, S. Pd juga mengucapkan terimakasih atas pembinaan yang langsung digagas dan dihadiri langsung oleh Plt. Camat Bumiaji tersebut. BPD sangat salut bisa dibantu mempelajari dalam mencermati mata anggaran di APBDesa sehingga mengerti pos-pos mana yang boleh dianggarkan dan pos-pos mana yang tidak harus dianggarkan setiap tahun. Tentunya dengan penjelasan panjang lebar seperti yang dijelaskan Plt Camat Bumiaji tersebut selain mudah dimengerti oleh BPD juga bisa diterima oleh Perangkat Desa dan tentunya pembahasan berikutnya tidak akan berlarut-larut. Semoga Perangkat Desa yang telah mengikuti pembinaan tersebut akan mengerti dan mudah dalam menyusun skala prioritas yang akan dilaksanakan dalam Musyawarah Dusun dan Musyarah Desa Tulungrejo untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDesa) tahun 2019 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar