Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Juara Umum Jambore Forum Anak Indonesia Ke VII Tahun 2018

Kim Anjasmoro Tulungrejo Batu - Bertempat di Balai Kota Among Tani Minggu 29 Juli 2018 telah dilaksanakan acara Kreativitas Forum Anak Kota Batu. Menurut Fuad Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Batu, selaku ketua panitia Jambore Anak Indonesia 2018 Kota Batu bahwa, "Rangkaian karnaval budaya serta perlombaan kreasi budaya anak dari 24 desa dan kelurahan di wilayah hukum Kota Batu yang juga disiapkan LPA Batu ini juga untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk memanfaatkan waktu luang, kreasi, dan budaya, yang dijamin oleh semangat Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Hak Anak."
Dalam sambutannya Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, pemenuhan hak-hak dasar anak sangat penting. Keberadaan Forum Anak di Kota Batu, mewadahi anak-anak untuk mengetahui hak-haknya. "Pendidikan tentang hak anak juga berlaku bagi semua usia. Adanya Forum Anak, kata Dewanti, bisa melahirkan banyak kegiatan positif, sejalan dengan visi misi organisasi”. Dewanti juga berharap, mereka yang tergabung dalam Forum Anak di Kota Batu, bisa menularkan ilmu dan pengetahuan kepada semua orang.
Jambore Anak Indonesia ke VII 2018 Anak Kota Batu yang dihadiri oleh Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait. Dalam sambutannya Arist Merdeka Sirait menyampaikan, "Alangkah eloknyalah, kita harus hentikan segera pengalihan ketidakmampuan kita sebagai orangtua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara, untuk memberikan perlindungan bagi anak. Yaitu dengan menggunakan jargon-jargon yang menyesatkan, seolah-olah kesejahteraan dan perlindungan anak sudah memadai. Demi kepentingan terbaik anak, ayolah kita hentikan retorika-retorika itu."
Arist dalam kata sambutannya juga menjelaskan, Jambore Anak Indonesia ke VII yang diselenggarakan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Batu dan Forum Anak Kota Batu ini didukung penuh DP3P2KB Pemerintah Kota Batu. Acara ini dilaksanakan untuk mewujudkan dan memberikan kesempatan pada anak untuk menggunakan hak partisipasinya. Yakni hak anak untuk didengar pendapatnya, yang bertalian dengan hak anak dan pelanggaran-pelanggaran hak anak yang dilakukan melalui pendekatan budaya.
Menurut Arif Wijianto salah seorang perwakilan juri dari Lembaga Perlindungan Anak Kota Batu, untuk tahun 2018 ini juara umumnya dipegang oleh Kecamatan Bumiaji. Kecamatan Bumiaji patut berbangga diri karena sebelumnya juara umum selalu diraih oleh Kecamatan Junrejo. Berikut ini data juara pemenang lomba Jambore Forum Anak ke VII Kota Batu Tahun 2018 sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar