Traktir Warga Sekampung Makan Bakso



Walikota ER Janjikan Modal Usaha Lewat Bumdes
BATU- Untuk meningkatkan  perekonomian keluarga, Pemkot Batu menjanjikan memberikan bantuan modal. Bantuan modal tersebut, nantinya dialirkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) seiring dengan bantuan sekitar Rp1 miliar dari pemerintah pusat kepada masing-masing desa/kelurahan, tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko ketika blusukan di Dusun Wonorejo Kampung Talun Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Sabtu (11/10). Dusun Wonorejo  Desa Tulungrejo, tambah dia, ke depan merupakan salah satu daerah yang menjadi prioritas dalam pembangunan.
“Selain Tulungrejo, nanti kami prioritaskan juga pada Desa Tlekung, Pendem dan Desa Gunungsari. Ini daerah yang akan kami kembangkan dan kami optimis bisa berhasil, salah satunya lewat BUMD tersebut,”akunya.

ER sapaan akrabnya mengatakan, BUMDes diperuntukkan memberdayakan masyarakat setiap desa terutama bagi kalangan perempuan mulai dari keterampilan menjahit, kerajinan tangan, hingga souvenir-souvenir yang memiliki daya tarik dan nilai tawar.
Sebab, wisata Coban Talun sendiri berada di Desa Tulungrejo. Sehingga bersamaan dengan pembangunan tempat wisata ini, masyarakat sekitar harus ikut andil dalam menyambut kedatangan wisatawan. “Mulai dari penerangan jalan, jalannya diaspal lagi dan kami akan bangun tempat camping yang bagus agar banyak wisatawan yang datang ke Coban Talun ini,

”terangnya kepada Malang Post.

Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, dengan menggandeng LMDH dan Perhutani, Pemkot Batu juga memiliki tanggungjawab dalam menjaga hutan dan lingkungan sehingga tetap hijau yang ujung-ujungnya masyarakat tidak sampai menebang pohon ataupun membabat hutan untuk kepentingan pertanian.

Kawasan coban talun, dikatakan merupakan tempat yang bagus untuk perkembangan tempat wisata. Sayang jika sebagus ini tidak dapat dikelola secara baik, apalagi jika pengelolaannya benar, otomatis kunjungan ke Kota Batu setiap tahunnya meningkat dua kali lipat.
Selain itu, pertanian organik yang menjadi fokus Pemkot juga akan dikembangkan di Desa Tulungrejo khususnya di sekitar tempat wisata. Konsepnya selain dapat menikmati wisata alam, juga dapat berwisata produk pertanian organik. “Kami harap dengan program ini, warga bisa memiliki aktifitas dan tidak lagi ganggur di rumah,”paparnya.

Langkah awal sebagai bukti keseriusan Pemkot, pada perayaan Sumpah Pemuda 28 Oktober nanti, upacaranya akan dilangsungkan di Coban Talun.”Nanti akan kemas sebaik mungkin dengan berbagai penampilan, tujuannya untuk memperkenalkan Coban Talun lebih luas lagi,”pungkasnya.

Dalam kunjungannya siang kemarin, ER disambut ratusan warga sekitar mulai dari usia remaja hingga dewasa. Tak sedikit yang berebut untuk bersalaman dengannya. Kemudian, ER mengajak warga makan bakso bersama. Malang Post (mik/lyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar