Eddy Dorong Warga Punya Usaha



KOTA BATU – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko kian intens mendorong warganya untuk memiliki usaha. Seperti halnya yang dilakukan sore kemarin di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Kepada kalangan dan ibu-ibu rumah tangga, Eddy menyupport mereka untuk melakukan
usaha produktif. Baik itu di bidang pertanian, peternakan, maupun pada produksi barang dan jasa yang berkaitan dengan pariwisata.
”Jangan sampai ada yang menganggur. Apa yang dibutuhkan, ajukan saja nanti kami bantu supaya produktif,” kata Eddy kepada warga di depan pintu masuk objek wisata coban talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, sore kemarin.
Wali kota berlatar belakang pengusaha ini tidak saja mendorong para ibu-ibu rumah tangga untuk proaktif, tapi juga member pekerjaan pada pemerintah desa. Seperti halnya dengan melakukan pendataan kebutuhan warga di Desa Tulungrejo.
Mulai dari kebutuhan hewan ternak, bibit pertanian hingga permodalan. Setelah itu, semua kebutuhan itu diajukan ke pemerintah. ”Dengan data itu, pengalokasian anggaran bisa dilakukan dan pendistribusiannya tepat sasaran,” kata dia.
Tak hanya mendorong warganya memiliki usaha, tapi juga pemerintah desa untuk membuak usaha. Seperti halnya dengan membentuk BUMDES (badan usaha milik desa). ”Apa saja usahanya, pasti nanti menunjang pariwisata. Karena, sekarang ini desa-desa sudah menjadi jujugan wisatawan,” kata dia.
Dorongan Eddy kepada warga Desa Tulungrejo itu dikarenakan adanya rencana pengembangan wisata alam di kawasan coban talun. Objek wisata alam yang dikelola oleh KBM (kelompok bisnis mandiri) Perum Perhutani Jatim bakal dimebangkan menjadi wisata camping ground, dan wisata pertanian dalam suasana pedesaan. Radar Malang (dny/yak)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar