Insentif Petani Organik Cair Rp 900 Juta

Insentif untuk petani organik, bakal diterimakan bersamaan perayaan HUT ke-13 Kota Batu. Dinas Pertanian dan Kehutanan sudah mencatat ada 900 orang petani, yang sudah merintis go organik tersebut. Masing-masing petani organik, akan mendapatkan Rp 1 juta. Dengan begitu total anggaran yang disiapkan Pemkot sebanyak Rp 900 juta.
‘’Pemberian insentif sudah masuk agenda. Nanti penyerahan akan dilakukan langsu
ng oleh wali kota bersamaan dengan resepsi HUT Kota Batu,’’ ungkap Arief As Sidiq, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Batu.
 Menurutnya, insentif tersebut sebagai pengganti jerih payah petani karena ikut menyukseskan program menuju pertanian organik. Selama proses menuju alih pola dan hasil pertanian itu, pasti merugi sehingga dana tersebut bisa membantu petani mendapatkan penghasilan lain.
Pihaknya juga sudah memiliki data nama-nama petani, yang sudah merintis go organik. Merekalah yang berhak mendapatkan insentif, dan datanya tidak akan berbuah, baik bertambah maupun berkurang.
Mantan Camat Batu, ini menambahkan pihaknya tetap akan memperhatikan insentif petani organik pada tahun depan yang saat ini system penganggaran masih ditata. Dengan perencanaan yang matang, insentif petani bisa saja dilakukan setiap bulan lantaran mulai tahun depan petani mulai serius menggarap organik. Malang Post (feb/lyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar