Profil & Biodata Tjahjo Kumolo: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019

Satu lagi tokoh partai politik yang dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk mengampu tugas sebagai menteri, yaitu Tjahjo Kumolo yang sebelumnya adalah Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ini dia profil dan biodata Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019.
Tjahjo Kumolo merupakan salah satu tokoh sentral di PDIP dan dikenal cukup dekat dengan sang ketua umum, Megawati Soekarnoputri. Lahir di kota yang sama dengan Jokowi, yakni Solo, pria berkacamata ini merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009-2014 dari partai moncong putih.
Saat masih menjadi anggota DPR-RI, politisi kelahiran tanggal 1 Desember 1957 ini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP. Tjahjo Kumolo tercatat sebagai sebagai anggota Komisi I DPR-RI yang membawahi bidang pertahanan, luar negeri, dan informasi.
Meskipun lahir di Solo, namun Tjahjo Kumolo menghabiskan masa kecil dan remajanya di Semarang. Ia menempuh bangku SD, SMP, hingga SMA di ibukota Provinsi Jawa Tengah itu, juga saat tercatat sebagai peraih gelar sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang pada 1985.
Pada tahun 1994, Tjahjo Kumolo lulus dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Jakarta. Sebelum itu, ia sudah berkecimpung di kancah politik bersama Golkar sejak tahun 1987 hingga akhirnya Tjahjo Kumolo pindah ke PDIP pada tahun 1999 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di partai tersebut hingga kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar