KIM Provinsi Sulawesi Barat Study Banding ke KIM Anjasmoro Desa Tulungrejo Kota Batu



#Info Tulungrejo Batu#
Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama pengurus KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) pada hari Kamis, 23 Oktober 2014 telah melakukan kunjungan Study Banding ke Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.  Study Banding rombongan dari Provinsi Sulawesi Barat ini mulai berlangsung  sejak Selasa 21 Oktober 2014 berkunjung ke KIM Kota Malang dan KIM Kabupaten Malang.




Pada Rabu sore tgl 22 Oktober 2014 dengan diantarkan oleh Dishubkominfo Kota Batu juga melakukan wisata petik apel di Kelompok Tani Makmur Abadi yang berada di Dusun Gondang Desa Tulungrejo.  Peserta study banding yang berjumlah 35 orang merasa senang bisa melakukan petik apel secara langsung sambil menikmati buah apel yang telah mereka datangi hal ini karena di Sulawesi Barat tidak ditemukan tanaman apel.



Kunjungan ke Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Kamis pagi tadi telah diterima oleh Sekretaris Desa Tulungrejo Subagyo, SE yang didampingi oleh Ida Faoedji dari Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Batu dan Arif Erwinadi Sekretaris KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Anjasmoro Desa Tulungrejo.
Dalam sambutannya Sekretaris Desa Tulungrejo menyampaikan bahwa Kepala Desa tidak bisa menerima rombongan karena ada acara Pelatihan di Provinsi, sedangkan beberapa Staff Desa dan Kepala Dusun mendampingi rombongan dari Pemerintah Kota Batu yang sedang melakukan penilaian Lomba  Desa di RW 13 Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo. Disampaikan pula bahwa penduduk Desa Tulungrejo yang berjumlah lebih kurang 8.000 jiwa kehidupan sehari-hari ada yang jadi petani, pedagang, PNS, dan ada yang bergerak di sektor Pariwisata seperti Desa Wisata dan ada Taman Rekreasi Selekta yang sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda.
Ida Faoedji dari Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Batu menyampaikan bahwa KIM di Kota Batu telah dibentuk sejak tahun 2005, terlihat hasilnya setelah 7 (tujuh) tahun kemudian. Tahun 2012 KIM Warkop dari Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu Kota Batu telah menjadi juara LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif) Tahun 2012 juara I tingkat Provinsi Jawa Timur. Dan Tahun 2014 ini KIM Anjasmoro Desa Tulungrejo mendapat juara II pada LCCK  Seleksi Administrasi tingkat Bakorwil Malang yang pesertanya terdiri dari 12 Kabupaten Kota.


Kabid Kominfo Provinsi Sulawesi Barat dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Barat telah terbentuk selama 10 tahun dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.500.000 jiwa  yang terdiri dari 6 Kabupaten. Kedatangan ke Malang Raya ini karena ingin melihat potensi pertanian yang mirip dengan pertanian yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Pengurus KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) di Provinsi Sulawesi Barat baru terbentuk sebulan yang lalu, supaya bisa mengetahui rencana kerja KIM ke depan maka dilakukan kegiatan awal dengan study banding ini.





Arif Erwinadi perwakilan dari KIM Anjasmoro Desa Tulungrejo menyampaikan bahwa KIM Anjasmoro dibentuk pada tahun 2011 yang lalu. KIM bersinergi dengan ibu-ibu PKK dan Kelompok Tani. Kegiatan sehari-hari menyampaikan informasi dari Pemerintah Kota pada masyarakat atau sebaliknya lewat media online. Juga melakukan kegiatan pelatihan internet untuk Ibu-Ibu PKK di Desa Tulungrejo agar mengerti Teknologi Informasi. Juga membantu mempromosikan produk unggulan yang ada di Desa Tulungrejo. Seperti produk Kripik Apel merk Bali (Batu Asli) ini produksi dari Puguh Hari
yono Dusun Junggo Desa Tulungrejo, yang bisa langsung dikunjungi kelokasi pabrik pembuatannya. Jadi KIM dari Sulawesi Barat yang juga memiliki buah unggulan seperti pisang nanti bisa mempraktekkan seperti yang telah dilakukan oleh Puguh Hariyono.
Selanjutnya rombongan melakukan kunjungan lapang ke Pabrik Kripik Apel di Dusun Junggo tersebut. Para peserta Study Banding sangat antusias sekali melihat mesin produksi kripik apel, sambil mencicipi kripik apel, kripik pisang, dan kripik belimbing. Mereka  menanyakan proses produksi secara detail hingga suatu saat ada yang berkeinginan ingin  membeli mesin kripik apel tersebut dan akan datang lagi ke Desa Tulungrejo. Entah nanti dengan cara patungan membentuk kelompok ataukah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Barat. Setelah puas bertanya jawab akhirnya rombongan berpamitan untuk melanjutkan ke Pusat Industri Kerajinan Tanggul Angin Sidoarjo dan langsung menuju Bandara Juanda Surabaya untuk kembali ke Sulawesi Barat pada pukul 18.00.
Semoga hasil kunjungan ini nanti bisa bermanfaat bagi pengurus KIM Provinsi Sulawesi Barat dan bisa meningkatkan nilai jual dari produk pertanian yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar