Kepala Dinas Kominfo Kota Palangkaraya Study Banding Tentang Pembinaan KIM Di Dinas Kominfo Batu


Kim Anjasmoro Kota Batu- Bertempat di Command Center Smart City Balai Kota Among Tani Dinas Kominfo Kota Batu pada hari Selasa (28/8/2018) telah menerima rombongan Kepala Dinas Kominfo dari Kota Palangkaraya yang langsung dipimpin oleh Kepala Dinasnya Drs Aratuni MT. Beliau menyampaikan bahwa baru menjabat 2 bulan jadi Kepala Dinas Kominfo. Kedatangannya didampingi oleh  Martiana M.HP. Kabid Informasi,  Kasi Kemitraan, dan dari  Diskoperindag. Tujuannya datang untuk melakukan study banding ke Kota Batu. Karena Dinas Kominfo Palangkaraya baru berjalan 1,5 tahun dan banyak hal yang akan dipelajari, terutama masalah KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan aplikasi Lapor untuk masyarakat yang berbasis smart city. Ingin dapat masukan, kita mau membuat aplikasi yang sama dan selesai September nanti. Konsekwensi logis kalau tidak dilakukan maka akan turun kinerjanya. Pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ingin melihat Website dan aplikasi Smart City Kota Batu. Ucapan terimakasih disampaikan kepada Drs Siswanto Kepala Dinas Kominfo Batu yang telah berkenan menerimanya.



Rombongan diterima oleh Adiek Iman Santoso Kabid jaringan dan Infrastruktur Diskominfo Kota Batu yang  di dampingi Kabid Layanan Informasi Agus, Kasi Kemitraan Teguh, Kabid Sekretariat, dan didampingi perwakilan KIM Anjasmoro Tulungrejo yaitu Arif Erwinadi. Adiek Iman Santoso menyampaikan Kominfo usianya baru usia 2 tahun dan menjelaskan  struktur organisasi Dinas Kominfo Kota Batu antara lain ada Bidang Infrastuktur, Bidang Layanan Jaringan, Bidang Pengolahan Data dan Informasi, serta  Sekretariat.
Teguh  Kasi kemitraan, Komunikasi dan Kelembagaan yang menangani KIM menyampaikan bahwa telah melakukan sosialiasi di sekolah-sekolah dan masyarakat. Ketua dan anggota KIM rata-rata sudah mulai menua. Ke depannya butuh pengurus KIM usia muda yang bisa IT karena KIM ujung tombak internet. Agar bisa kerjasama dengan BNN, Karang Taruna, Dinkes, Damkar dan dinas sosial. Diperkirakan tahun 2019 KIM yang ada semuanya akan  berbasis IT. KIM Jatim sudah mengadakan LCCK (lomba cerdik cermat komunikatif) dan telah diikuti KIM Anjasmoro dari Batu. Kita membantu sosialisasi ke masyarakat kerjasama dengan Dinas-Dinas terkait. Kim dibentuk selain dengan SK Kepala Dinas Kominfo juga ada SK Kepala Desa/Lurah. KIM sudah berbasis IT semuanya ada yang punya Blog, facebook dan WhatshApp. Dari Dinas Kominfo mendidik pengurus KIM agar bisa menjadi jurnalis.


Sekretaris KIM Anjasmoro Arif Erwinadi menyampaikan bahwa KIM berdiri di desa Tulungrejo sejak 1 April 2011. Kegiatan KIM selain menyampaikan informasi dari Pemerintah kepada masyarakat juga menyampaikan informasi yang ada di masyarakat kepada Pemerintah. Entah informasi kesehatan, informasi pembangunan, informasi bencana, kesenian dan lain-lain. KIM Anjasmoro membantu mempromosikan produk UMKM yang ada di Desa, dan mengajak para pelaku UMKM untuk ikut mempromosikan produksinya ke Agropolitan Televisi.  Juga membantu mempromosikan Kandang Sapi Perah Komunal yang 2 tahun lalu telah mendapatkan bantuan sapi sejumlah 100 ekor dari Kementrian Pertanian di Jakarta. Kegiatan lainnya melakukan pelatihan internet sehat untuk ibu-ibu yang tergabung dalam PKK dan Kader Posyandu. Tujuannya agar ibu-ibu bisa mengawasi isi dari Hp anaknya.


Selesai mendapatkan penjelasan rombongan diajak turun ke lokasi kegiatan KIM Anjasmoro di Kandang Komunal yang tergabung di Kelompok Tani Gunung Harta di Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo. Menurut Harianto Bendahara KIM Anjasmoro yang turut menemani rombongan bahwa Kepala Dinas Kominfo Palangkaraya senang dengan suasana kandang yang ada di Kelompok Tani Gunung Harta, pemberdayaan masyarakatnya telah berjalan secara bagus. Dan berpesan agar dikelola lebih baik lagi sehingga pengunjung yang datang meskipun jumlahnya sedikit masuknya tidak gratis supaya bisa dipakai untuk biaya operasional/perawatan.



Lantas rombongan diajak mampir ke tempat produksi keripik buah milik Puguh Hariono yang terletak di Dusun Junggo Desa Tulungrejo. Kepala Dinas Kominfo Palangkaraya sangat tertarik dengan proses produksinya yang sudah lumayan profesional, mereka akhirnya pulang dengan membeli produk aneka keripik buah yang telah tersedia untuk buah tangan. (arif erwinadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar