Karnaval Kota Batu Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI


KIM Anjasmoro Batu – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI  yang ke-73 tahun. Pemerintah Kota Batu mengadakan Karnaval  Umum pada Sabtu (25/8/2018). Dengan start dari Stadion Brantas, lewat Jl. Sultan Agung, menuju ke Jl KH Agus Salim, lalu ke Jl  Gajah Mada dan menuju Jl. Panglima Sudirman dengan panggung kehormatan di Rumah Dinas Walikota (Balai Kota Lama) dan finishnya di Balai Kota Among Tani.




Karnaval tersebut dimulai jam 09.00, sekitar jam 11.00 penonton yang melihat di Alun-Alun Kota Batu masih belum begitu banyak. Hal ini karena murid Sekolah Dasar belum pada pulang sekolah. Sekitar jam 12.30 saat anak Sekolah sudah pulang sekolah, barulah penonton mulai memadati sepanjang jalan pada rute tersebut diatas.




Karnaval tahun ini sangat meriah sekali, misalnya Kelurahan Ngaglik yang menampilkan replika tanaman Paprika beserta rombongan para petaninya. Desa Pendem menampilkan alat transportasi tempo dulu yaitu Cikar beserta para petani padi dan hasil panen palawija lainnya. Desa Tlekung menampilkan  permainan bola raksasa yang diikuti ibu-ibu bert-shirt merah menyala memakai caping merah.



Kelurahan Temas menampilkan replika kerajaan Singhasari yang lengkap dengan raja ratu beserta pasukannya dan menampilkan theatrical Anoman Obong yang sangat memukau para penonton. Serta tari-tarian Sanduk khas Madura. Desa Sumbergondo menampilkan tari-tarian kreasi modern juga replika buah apel.




Desa Gunungsari yang terkenal sebagai Desa Wisata Bunga, menampilkan replika taman bunga yang sangat bagus sekali, sehingga menarik minat para penonton untuk ikut foto bersama. Tidak kalah menariknya juga ada tampilan dari Komunitas BRO yang kepanjangannya Mblasak, Refresing dan Olah Raga. Komunitas ini kesannya bagaikan kelompok berduit yang ada di kota Batu yang juga menampilkan gerakan olah raga dengan memakai baju dan topi merah menyala bercelana hitam. Semakin sore para penonton disekitar Alun-Alun Kota Batu semakin padat merayap, dan acara karnaval tersebut berakhir setelah penampilan dari Jatim Park 3 yang menampilkan mobil kuno beserta model yang cantik dan ganteng-ganteng. Barisan paling akhir ditutup dengan mobil yang mengangkut  Dinosaurus.(arif erwinadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar