Musyawarah Warga Gondang Menyambut HUT Kemerdekaan RI

KIM Anjasmoro Tulungrejo Batu – Sambil menyelam minum air, itulah yang dilakukan PJ Kepala Dusun Gondang Suwono, pada hari Kamis 2 Agustus 2018 saat acara tahlilan rutin malam Jum’at yang telah diadakan dirumah Prayit RT 05 RW 01 Dusun Gondang.
Menurut Suwono acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Tulungrejo Suliono dan anggota jama’ah tahlil lebih kurang 50 orang. Hasil Musyawarah dengan keputusan yaitu dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke 73 tahun ini diawali dengan masalah kebersihan lingkungan dengan kegiatan kerja bakti yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 3 Agustus 2018. Selain itu membahas masalah keamanan yang ada di RW 03 RT 05 perihal masalah keamanan yang ada di kebun apel dan menanyakan permasalahan limbah kotoran sapi yang ada di kandang komunal di RW 15 Dusun Wonorejo. Warga Dusun Gondang yang hadir menanyakan masalah tersebut kepada Kepala Desa Tulungrejo apakah sudah ada tindakan untuk membuat juglangan/lubang penampungan untuk menampung limbah tersebut?
Kepala Desa Tulungrejo menyampaikan bahwa untuk kandang komunal yang dikelola oleh Kelompok Tani Gunung Harta telah dilakukan tindakan pengelolaan limbah sapi tersebut berupa pembuatan Biogas. Saat dikonfirmasi Ketua Kelompok Tani Gunung Harta Hartono menyampaikan bahwa awal tahun 2018 ini, kelompok peternak yang ia ketuai telah mendapatkan bantuan hibah dari Pemkot Batu. Hasil fermentasi dari biogas tersebut telah bisa digunakan untuk kompor gas pemanas air yang bisa digunakan untuk memasak air dan airnya digunakan untuk pemberian minum sapi (Combor). Sedangkan pupuknya bisa digunakan untuk pupuk pertanian, yang tentunya sudah terfermentasi dan menjadi pupuk kandang yang menyuburkan tanaman. Hartono menambahkan bahwa penanganan limbah sapi dikelompoknya sudah dilakukan tapi entah untuk peternak / kelompok tani yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar