Tahun Depan, Desa Dapat Anggaran Rp 1,5 M

Di Kota Batu Ada Juga ADD Rp500 Juta

Batu, Memo – Kabar gembira bagi Kepala Desa, pasalnya mulai tahun depan akan mendapatkan kucuran dana sampai Rp1,5 miliar per desa. Hanya saja, persoalannya apakah desa bisa memanfaatkan itu atau tidak.
Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, kemarin. Menurut dia, kalau desa bisa memanfaatkan anggaran dari pemerintah itu, kemungkinan besar pembangunan desa akan lancar.
“Yang jelas untuk mencairkan itu, desa harus punya program.  Setiap desa harus membuat rencana kerja selama satu tahun kedepan melalui  musyawarah pembangunan desa (Musrenbangdes),” katanya.
Menurut Wawali, rencana kerja dalam 1 tahun itu mutlak harus ada. Kemudian juga harus ada pelaporan penggunaan dana secara jelas dan lengkap. “Tetapi dana besar ini bisa diartikan menyesatkan. Karena kalau salah menggunakan atau tak sesuai peruntukan bisa berurusan dengan hukum,” tukas dia.
Kendati dana desa dari APBN cair, ADD dari APBD juga tetap dicairkan pula. “Dari pusat Rp 1,5 juta kemudian dari ADD mencapai Rp500 juta. Totalnya untuk desa bisa mencapai Rp2 miliar,”katanya.
Sementara itu, Bambang S, Kades Tlekung Kecamatan Junrejo mengatakan sudah siap menerima dana itu. Karena sudah terbiasa dengan pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD). Tet
api pihak desa tidak bersedia ditinggal begitu saja.
Yang paling penting ada sharing dengan Bagian hukum, pihak kecamatan dan kalangan akademisi dari Universitas Brawijaya. “Kalau dana itu cair, akan kami gunakan untuk kebutuhan infrastruktur dan kegiatan desa lainnya,” kata Bambang. (Jun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar