70 % Perusahaan di Batu Masih ‘Impor’ Tenaga Kerja

Pertumbuhan ekonomi Kota Batu secara umum memang tumbuh sedemikian baik. Pertumbuhan nyata ditandai dengan munculnya berbagai perusahaan baik yang bergerak di bidang pariwisata maupun yang lain. Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu mencatat saat ini tak kurang dari 270 perusahaan berdiri di berbagai wilayah di Kota Batu.
Selain kabar baik soal tumbuh kembangnya perusahaan itu, namun ada satu hal yang hingga saat ini belum mencerminkan masyarakat Kota Batu sebagai tuan rumah di
kandang sendiri. Apakah itu? Dinsosnaker Kota Batu mencatat lebih dari 70 persen tenaga kerja yang berada di 270 perusahaan itu adalah orang luar Batu.
“Itu catatan kita. Banyak perusahaan di Kota Batu ini yang mempekerjakan tenaga kerja dari luar Kota Batu,” kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu, Eko Suhartono ditemui id Job Market Fair.
Ditambahkan Eko, secara umum pilihan untuk memilih tenaga kerja dari luar Kota Batu bukanlah kesalahan. Karena bagaimanapun perusahaan mempunyai standar kebutuhan yang berbeda. Hanya saja Eko berharap suatu saat nanti slot yang disediakan untuk tenaga kerja local Batu akan semakin naik dari tahun ke tahunnya.
“Kami memang berharap banyak perusahaan yang berada di Kota Batu ini juga mempekerjakan tenaga kerja local. Selain baik sebagai bentuk penyerapan potensi local, juga baik untuk menumbuhkan rasa memiliki bagi potensi local,” katanya.
Sementara itu Job Market Fair dilaksanakan di Kota Batu karena kota pariwisata itu masih mencatat tak kurang ada 3400 tenaga kerja baru yang membutuhkan lowongan pekerjaan tahun 2014 ini. MALANGTIMES (rin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar