Tunjangan RT RT Bakal Naik, ayo tingkatkan Pelayanan yang baik dan benar pada warga masyarakatnya



Tunjangan RT-RW Bakal Naik

Dikutip dari Harian Koran SINDO

BATU – Kabar baik bagi para ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di Kota Batu. Mulai tahun depan, Pemkot Batu berencana menaikkan tunjangan untuk merera, termasuk bagi seluruh perangkat dan kepala desa. 

Kepala Bagian Pemerintahan Kota Batu Imam Suryono menjelaskan,sejak lima tahun lalu, sebanyak 1.127 ketua RT menerima tunjangan sebesar Rp100.000/bulan. Sementara 237 ketua RW menerima tunjangan Rp150.000/bulan. ”Tunjangan ketua RT akan kita naikkan menjadi Rp150.000/bulan sedangkan ketua RW naik menjadi Rp200.000. 

Untuk tunjangan perangkat desa rencananya kita tambah Rp250.000/bulan sehingga menjadi Rp1 juta. Kemudian tunjangan untuk kades hanya kita naikkan Rp100.000 saja/bulan sehingga menjadi Rp1,6 juta/bulan,” ujar Imam Suryono,kemarin. Untuk menambah insentif bagi ketua RT, RW dan para perangkat desa tersebut,Pemkot Batu mengalokasikan anggaran hingga Rp1,43 miliar. 

”Kita butuh dukungan dari ketua RT dan RW se-Kota Batu supaya anggota DPRD menyetujui usulan yang kita ajukan lewat Tim Anggaran (timgar) Pemkot Batu,”katanya. Diterangkan, pada 2012, jumlah anggaran untuk tunjangan ketua RT dan RW mencapai Rp1,773 miliar. Dengan adanya kenaikan tersebut, alokasi tunjangan ketua RT dan RW menjadi Rp1,779 miliar. 

Sementara untuk tunjangan perangkat dan aparat pemerintah desa (TPAPD) pada 2012 mencapai Rp1,719 miliar.Dengan adanya kenaikan tersebut, total TPAPD 2013 menjadi Rp1,773 miliar. ”Tahun depan baru sebatas itu yang kita berikan kepada ketua RT dan RW. Kalau nanti anggaran pemerintah cukup, bisa jadi seluruh ketua RT dan RW se-Kota Batu dan perangkat desa akan diikutsertakan dalam anggota asuransi kesehatan (askes) seperti yang direncanakan Pemkab Malang,” tandasnya. 

Marlia, Ketua RT 3/ RW 3, Desa Oro Oro Ombo,Kota Batu mengaku senang dengan adanya kenaikan tunjangan tersebut. Meski jumlahnya tidak banyak, itu bisa mendorong semangatnya untuk lebih giat mengabdikan diri kepada masyarakat. ”Sebenarnya menjadi ketua RT itu tidak gampang karena banyak kegiatan sosialnya. Tapi mau bagaimana lagi, karena tenaga dan pikiran kita dibutuhkan masyarakat maka kita siap membantu tugastugas pemerintah,”katanya. maman adi saputro_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar