Calon Kepala Desa Se-Batu Diberi Pembekalan, Ini Tujuannya

Pemkot Batu akan memberikan pembekalan kepada bakal calon kepala desa. Pembekalan tersebut berbeda dari pembekalan yang dilakukan sebelumnya yakni kepada Kepala Desa terpilih saja.
Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Batu, Suliyanah mengatakan, kegiatan pembekalan kepada Calkades yang akan mengikuti Pilkades serentak merupakan perintah Wali Kota Batu. Dimana para Calkades tersebut harus memahami serta mengetahui tugas dan pemerintahan.
"Dengan begitu diharapkan para Calkades akan mengerti tugas yang bakal diembannya kelak bila terpilih menjadi Kades," kata Suliyanah, Senin (22/8/2016).
Disamping itu, dikatakan Suliyanah, seorang Calkades harus mengetahui berbagai regulasi terkait Pemerintahan yang ada sekarang ini. Dengan demikian nantinya para Calkades yang tidak terpilih bisa mempertimbangkan untuk menerima hasil Pilkades sesuai dengan regulasi dan aturan yang ada.
"Kalau memahami dan mengerti regulasi tentu para Calkades kecil kemungkinan untuk mempersoalkan hasil Pilkades serentak karena semuanya sudah sesuai aturan," tandas Suliyanah.
Pilkades serentak di Kota Batu dijadwalkan digelar pada 29 September 2016. Ada lima desa yang akan melangsungkan Pilkades serentak. Yakni Desa Pesanggrahan, Pandanrejo, Bulukerto, Sumber Gondo, dan Sumber Brantas.
Anggota Komisi A DPRD Kota Batu, Usman mendukung langkah Pemkot memberikan pembekalan kepada para Calkades yang bakal bertarung dalam Pilkades serentak. Bila para Calkades memahami regulasi dan aturan maka mereka bisa bersaing sehat dalam Pilkades.
Disamping itu, dengan diterimanya pembekalan oleh PemkotBatu maka para Calkades akan mengerti dan memahami terhadap tugas-tugas yang bakal menjadi tanggung jawabnya. Mulai dari memberi pelayanan pada masyarakat, mengayomi, membantu kepentingan warganya, dan sebagainya.
"Yang jelas, kami setuju bila Calkades diberi pembekalan terlebih dahulu. Dan itu merupakan perubahan kebiasan yang baik dalam Pilkades," tutur Usman.
Sumber : Surya online Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar