Punya Tiga Kecamatan, Kota Batu Bakal Tambah Jumlah Kecamatan Lagi, Wakil Wali Kota Beri Reaksi

Punya Tiga Kecamatan, Kota Batu Bakal Tambah Jumlah Kecamatan Lagi, Wakil Wali Kota Beri Reaksi
Pemkot Batu sedang serius menggodok perihal pemekaran wilayah Kota Batu. Rencananya, Kota Batu akan dimekarkan menjadi lima atau minimal empat kecamatan, setelah sebelumnya hanya memiliki tiga kecamatan. Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengungkapkan, wacana itu terus dimantapkan, termasuk mengusulkan sarana dan prasarana dalam PAK Tahun 2020.


“Betul sampai saat ini masih terus digodok,” kata Punjul Santoso ketika dikonfirmasi  Punjul Santoso menjelaskan, ada sembilan desa dan kelurahan yang sudah mengusulkan diri ingin pisah.
Desa dan kelurahan itu di antaranya adalah Desa Giripurno, Desa Tulungrejo, Kelurahan Sisir, Ngaglik, dan Temas. “Kami segera meresponnya. Usulan ini juga selaras dengan rencana pemkot untuk pemekaran wilayah,” ucap dia. Punjul Santoso mengatakan, pemekaran juga sudah sesuai sebab pertumbuhan penduduk di Kota Batu sangat pesat. Kelurahan Temas misalnya, kata dia, memiliki penduduk 17 ribu, sementara Keluarahan Sisir mempunyai jumlah penduduk 20 ribu orang.


“Belum lagi wilayah juga cukup luas,” ujarnya. Selain itu, Dusun Junggo dan Dusun Wonorejo di Desa Tulungrejo juga dinilai bisa berdiri menjadi sebuah desa sendiri. Apabila usul tersebut direstui, jumlah desa di Kecamaan Bumiaji akan bertambah dari sembilan menjadi 11 desa.

Legislatif mendukung
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Mahmud mendukung rencana Pemkot Batu untuk mememkarkan wilayah. Salah satu cara yang legislatif usulkan adalah memekarkan kelurahan/desa. “Bappeda dan pemerintah sebetulnya sudah punya rencana terkait itu," kata dia."Cuma, kami usul coba mekarkan desa dulu. Baru nanti membuat kecamata baru,” tutur Didik. Satu desa dan satu kelurahan, lanjut Didik, telah diusulkan untuk dimekarkan. Desa dan kelurahan itu adalah Tulungrejo dan Sisir.

“Sisir nanti dipisah menjadi dua. Kemudian dua dusun di Desa Tulungrejo yakni Junggo dan Wonorejo ingin jadi desa sendiri,” imbuh dia. Didik mengatakan, apabila muncul desa-desa baru di Kota Batu, Bappeda atau bagian pemerintahan Pemkot Batu diharapkan menyusun kembali. Sehingga nantinya, satu kecamatan di kota wisata ini bisa berdiri. “Sehingga harapan kita bisa kecamatan di Batu bisa jadi minimal empat bisa terwujud,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar