Meningkat 70 Persen, Peternak Sapi Perah Dusun Wonorejo Tulungrejo Lega

Para peternak di Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengaku lega dan bangga. Pasalnya, mereka mendapat bantuan 100 ekor sapi perah dari Pemprov Jatim.
“Para peternak mendapat bantuan sapi perah dari Pemprov Jatim itu tahun 2016. Mereka lega karena selain beranak pinak juga bisa menjual susunya,” kata Kades Tulungrejo, Suliono.
Menurut dia, bantuan dari Pemprov Jatim itu kini sudah meningkat sangat signifikan. Sebab, peningkatannya mencapai sekitar 70 persen.
Sapi perah itu, kata dia, juga digulirkan pada peternak lain. Sedangkan penerima bantuan itu kata dia, ada dua kelompok.
Disebutkan seperti kelompok dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain itu kelompok masyarakat desa setempat.
“Bantuan itu disalurkan lewat Dinas Pertanian dan Pertanahan Kota Batu. Bahkan mereka juga yang menyiapkan fasilitas berupa Kandang Komunal,” kata Suliono.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pertanahan Kota Batu, Sugeng Pramono mengaku bangga pada para peternak. Alasannya, sapi perah bantuan itu sudah meningkat sekitar 70 persen.
“Peningkatan itu tak hanya dari jumlah sapi yang diternak. Tapi juga produksi susu yang diperah,” kata dia.
Hasil susunya itu tutur dia dikirim ke dua lembaga. Di antaranya ke KUD Kota Batu dan Koperasi Margi Rahayu.
Sedangkan anak sapi yang dihasilkan, kata dia, digulirkan ke peternak lain yang belum dapat bantuan. Makanya dia berharap agar para peternak bisa merawat dan mengembangkan sapi bantuan tersebut dengan baik.
Selain itu dia berjanji akan berkoordinasi dengan instansi lain seperti Dinas Lingkungan Hidup. Tujuannya untuk mengelola limbah sapi itu agar memberikan manfaat.
Limbah sapi itu kata dia bisa dikelola menjadi biogas dan lainnya. “Karena itu kami juga akan koordinasi dengan Diskoperindag Kota Batu sehingga bisa menjadi pariwisata edukasi ternak,” terangnya.
Sumber : https://surabayapost.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar