Gus Ipul: KIM Akan Hapus Kesenjangan antara Desa dan Kota

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di pelosok-pelosok pedesaan dengan teknologi yang dimilikinya, akan menghapus kesenjangan antara desa dengan kota. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), saat membuka pekan KIM yang digelar di Candra Wilwatikta Pandaan Kabupaten Pasuruan, Selasa (12/9/2017) siang.

“KIM akan menghapus kesenjangan antara desa dan kota. Karena melalui KIM bisa menyampaikan informasi yang dimilikinya langsung ke warga-warga desa. Bahkan dengan pembangunan jalan-jalan tol, semua wilayah di Jatim akan jadi kota,” ujar Gus Ipul dalam sambutannya.

Menurutnya, dengan teknologi yang berkembang pesat, tentunya kecepatan informasi menjadi faktor terpenting untuk jadi pemenang. Dan adanya KIM memberikan peluang masyarakat pedesaan, untuk jadi pemenangnya.

"KIM yang merupakan revitalisasi dari Kelompencapir (Kelompok Pendengar Pembaca dan Pemirsa) saat jaman Orde Baru lalu, memiliki peran vital di masyarakat pedesaan. KIM bisa memberikan berbagai informasi penting kepada warga desa, termasuk masalah pemberdayaan ekonomi warga," ucapnya.

Lebih lanjut Gus Ipul menambahkan, untuk jadi pemenang, bukan karena kekuatan besar dan kecil. Melainkan yang dapat informasi lebih dulu itu yang bakal jadi pemenangnya. 

"Adanya KIM, warga desa bisa mengakses informasi dengan cepat, baik berbagai masalah maupun peluang-peluang usaha. Selain itu, dengan banyaknya sebaran jumlah KIM di Jatim yang mencapai lebih dari 300 kelompok, juga diharapkan bisa menangkis hoax (berita bohong) yang beredar di masyarakat," tandasnya.

Untuk sekedar diketahui, dalam Pekan KIM tersebut, juga digelar pameran produk-produk ekonomi kreatif warga dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.
Sumber : http://m.beritajatim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar