Ini Tiga Apel Lokal Andalan Petani Buah di Malang dan Batu



Hari Cahyo, Kepala Unit Agro KTMA (Kelompok Tani Makmur Abadi) Batu juga mengaku secara umum buah impor memang lebih diminati masyarakat. Image masyarakat tentang buah masih pro dengan buah impor. Asal impor, pasti kualitasnya lebih bagus, ujar Hari. Tampilan fisik buah impor yang lebih bagus menjadi magnet besar.

Padahal menurutnya, dari sisi kesehatan apel impor perlu dipertanyakan. Sebab untuk mengirim dari Tiongkok atau Amerika ke
Indonesia butuh waktu sekurangnya seminggu. Anehnya, meski berminggu-minggu dibiarkan hingga satu bulan di atas meja, apel ini tidak pernah membusuk. Di sisi lain, apel lokal mendapat serangan opini. Katanya, apel lokal banyak menggunakan pestisida. Residu pestisida ini masih tersimpan di dalam buah, tuturnya.

KTMA pernah punya inisiatif untuk membawa contoh apel impor dan apel lokal ke laboratoritum. Hasilnya, residu bahan kimia apel impor masih sangat besar. Sementara apel lokal sepenuhnya bebas residu bahan kimia.Bahkan ada bahan pengawetnya (untuk buah impor) ungkap Hari. Hari menegaskan, di Malang ada tiga andalan apel yang ditanam petani setempat. Yang paling populer adalah apel manalagi. Apel ini mempunyai tampilan luar berwarna hijau dan bulat.

Apel ini memiliki tekstur yang keras, dengan rasa manis dan besarnya seukuran bola tenis, atau lebih besar sedikit. Apel manalagi yang paling banyak diburu karena rasanya dan renyah saat dikunyah. Jenis kedua adalah apel rome beauty. Tampilan luarnya mirip apel manalagi, namun selain warna hijau, muncul warna merah yang cukup dominan. Apel ini bisa tiga kali bola tenis.

Tekstur rome beauty keras, namun renyah saat dikunyah. Di mulut, rasa manis berpadu dengan sedikit rasa asam. Konon jika dibiarkan matang di pohon, rome beauty akan terasa manis dengan tekstur sedikit berpasir.

Yang ketiga adalah apel jenis ana. Dari sisi tampilan, apel ana berbeda sepenuhnya dari dua apel sebelumnya. Bentuknya lonjong, dan didominasi warna kuning dan merah. Saat digigit, apel ana lebih lembut namun rasanya dominan asam.

Ketiga jenis apel ini yang paling mendominasi pasar buah di Kota Batu. Bahkan pasar buah dan supermarket, buah ini menguasai. Khusus di supermarket, hanya buah dengan ukuran besar dan tampilan warna yang sempurna yang dijual. (idl/ben/day/iks) SURYA Online, MALANG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar