Hujan Dua Jam, Tebing Longsor

KOTA BATU – Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 11.00 hingga pukul 13.00, Rabu (11/11) kemarin, mengakibatkan longsor di Jalan Raya Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Tebing sepanjang 5 meter dengan ketinggian 3 meter itu ambrol. Beruntung tidak sampai memutus ruas jalan, sehingga jalur yang menghubungkan Sumber Brantas ke Bumiaji itu tetap lancar.
Kepala Desa Tulungrejo Suliono mengatakan, hujan menguyur wilayahnya cukup deras. Sedimen tebing di kawasan itu tidak kuat menahan derasnya guyuran air hujan, sehingga longsor. ”Untungnya tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” kata Suliono.
Dia mengakui wilayahnya sering longsor. Sebab kawasan Tulungrejo berada di daerah kemiringan. Untuk itu, dia menghimbau warganya agar tetap waspada. ”Longsornya, tidak ngganggu pejalan raya. Hanya lima meter dari atas tebing,” kata Suliono.
Seperti yang diberitakan, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD)Kota Batu telah memetakan titik longsor. Seperti lima titik tersebar di Kecamatan Bumiaji, tiga titik di Kecamatan Batu, dan satu titik di kecamatan Junrejo.
Untuk itu di wilayah Bumiaji, daerah rawan longsor berada di Dusun Jurang Kuali dan Dusun Krajan, di Desa Sumber Brantas. Selain itu juga di Dusun Kekep, Desa Tulungrejo dan Dusun Brau, Desa Gunungsari.
Sedangkan di Kecamatan Batu, titik rawan longsor tersebar di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Dusun Toyomerto, Desa Pesangrahan, Dusun Kaliputih, Kelurahan Sisir, dan Desa Oro-oro Ombo. (muk/dan)
Sumber : Radar Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar