Hindari Botoh dalam Pilkades, pilih sesuai hati nurani



Awas, Botoh Ramaikan 11 Pilkades Kota Batu tahun 2013
Selasa, 26 Februari 2013 19:24 WIB | Editor: Satwika Rumeksa | Reporter : Iksan Fauzi
SURYA Online, BATU-Tahun 2013 ini, sebelas desa di Kota Batu akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades). Biasanya, dalam pilkades, banyak botoh (penjudi) yang bermain mendukung salah satu calon, tujuannya, dia meraup untung dengan perjudiannya tersebut.

Bisa jadi permainan para botoh ini akan berlanjut dengan cara memberi bantuan kepada panitia pilkades. Sebab, dalam aturan pilkades, apabila dana untuk penyelenggaraan pilkades kurang, bisa menerima bantuan dari pihak ketiga asal tidak mengikat.

Kepala Bagian Pemerintahan, Imam Suryono menyampaikan, agar pada pilkades nanti warga memilih calon kades sesuai hati nurani. Jangan mau diarahkan ke calon yang bertentangan dengan nuraninya. “Sampai sekarang, pilkades di Batu lancer dan aman. Nanti, jangan sampai masyarakat bisa memilih calon sesuai nuraninya,” pesan Imam, Selasa (26/2/2013).


Sebelas desa yang akan menggelar pilkades itu adalah, Desa Junrejo, Sumberejo, Gunungsari, Giripurno, Punten, Torongrejo, Bumiaji, Beji, Tulungrejo, Oro-oro Ombo dan Sidomulyo. Untuk saat ini, panitia pilakdes seperti di Junrejo, Sumberejo, Gunungsari sudah terbentuk.

Sesuai Perda 7/2006 tentang tatacara pemilihan dan pelantikan kades, kades yang pernah menjabat selama 10 tahun atau dua periode, maka tidak diperkenankan ikut pemilihan lagi. Dari 11 desa itu, satu kades yang tidak diperkenankan maju lagi, yaitu kades Sumberejo.

Ia menambahkan, masing-masing panitia pilkades mendapat anggaran sebesar Rp 25 juta. sebesar Rp 10 juta untuk pemilihan dan Rp 15 juta untuk pelantikan. “Kalau kurang bisa dari swadaya masyarakat dan pihak ketiga,” tambahnya.

Selain pilkades, di tahun ini juga akan diselenggarakan 17 pemilihan badan permusyawaratan desa (BPD). Seperti Desa Torongrejo, Punten, Gunungsari, Tulungrejo, Pandanrejo, Sumberejo, Pesanggrahan, dan Junrejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar