Wakil Walikota Batu menghadiri Pilkasun Junggo Tulungrejo





Ditulis oleh Arif Erwinadi
Senin 8 april  2013 warga Dusun Junggo  telah melaksanakan  Pesta Demokrasi  dengan melaksanakan Pemilihan Kepala Dusun Junggo masa bakti 2013 s.d 2025.
Panitia Pemilihan Kepala Dusun Junggo beserta Tim Asistensi  Desa Tulungrejo dengan di bantu oleh Karang Taruna dan pemuda Sinoman Dusun Junggo pada minggu 7 april 2013 telah mempersiapkan lokasi Balai Dusun Junggo untuk tempat Pemungutan Suara. Malam harinya mereka besertawarga masyarakat  berkunjung ke kediaman 5 (lima) orang Calon Kepala Dusun tersebut. Hingga Babinsa (Bintara Pembina Desa) sempat kagum dan mengatakan Pilihan Kepala Dusun saja kok meriahnya seperti Pemilihan Kepala Desa saja. Hal itu disampaikan pada Sekretaris Panitia Pilkasun Arif Erwinadi. Menanggapi kekaguman Babinsa tersebut dijawab oeh Arif hal ini berbeda dengan proses pemilihan kepala dusun di 4 dusun sebelumnya (Dusun  Gondang. Dusun Kekep, Dusun  Wonorejo dan Dusun Gerdu) karena hak pilih di Dusun Junggo hampir 2.000 suara. Di dusun  lainnya hak pilih bahkan ada yang kurang dari 1.000 suara.



Saat proses pemungutan suara belum dimulai warga dusun Junggo baik laki-laki da perempuan telah berdatangan ke Balai Dusun Junggo untuk menyampaikan hak pilihnya. Bahkan para pedagang turut meramaikan dengan berjualan di kiri kanan jalan raya hampir sepanjang 100 meter. Sehingga cukup memadati tempat yang seharusnya dipakai untuk parkir kendaraan bagi para Pemilih  yang memiliki hak suara untuk menyampaikan aspirasinya. Pukul 07.15 proses pemungutan suara dimulai dengan pengambilan Sumpah dan Jabatan petugas pemungutan suara oleh Ketua Panitia Muchammad Dadi. Selanjutnya proses pemungutan suara dengan disaksikan oleh 5 orang saksi dihadiri juga oleh kelima bakal calon kepala Dusun Junggo. Syukurlah selama proses pemungutan suara berlangsung tidak terjadi hal-hal yang menganggu proses pemungutan suara, demikian disampaikan oleh Muchammad Dadi Ketua Panitia. Menjelang pemungutan suara berakhir panitia mendatangi warga yang tidak bisa mencoblos disebabkan sakit tapi sayangnya waktu terbatas sehingga hanya bisa mendatangi 5 orang warga saja.

Jam 14.30 menjelang dimulainya Penghitungan Suara Wakil Walikota Batu Punjul Santoso dengan didampingi oleh Bakesbang Linmas Kota Batu Sinal Abidin, Eko Suhartono mantan Camat Bumiaji, dan Camat Bumiaji Arief As Shidiqie. Ada hal menarik bagi warga Dusun Junggo yang tidak biasanya untuk Pemilihan Kepala Dusun saja dihadiri oleh Wakil Walikota Batu yaitu saat penghitungan suara Wakil Walikota Batu diminta oleh Ketua Panitia untuk ikut serta melakukan proses penghitungan suara, disusul berikutnya Sinal Abidin, Camat Bumiaji dan Kepala Desa Tulungrejo Prasetyono.  Wakil Walikota sempat bertebar senyum dan bergurau dengan warga Junggo kalau dulu saat masih mudanya juga menjadi petugas pemungutan suara, jadi sudah biasa menjadi petugas pemungutan suara.
Jam  18.30 pemungutan suara telah berakhir dan Panitia mengumumkan catatan data pemilih sebagai berikut :
No
Uraian
Lelaki
Perempuan
Jumlah
1
Jumlah Pemilih & tambahan
  959
1.000
1.959
2
Pemilih yang menggunakan hak pilih
  790
   844
1.634
3
Pemilih tidak menggunakan hak pilih
  169
   156
   325

Hasil perolehan suara sebagai berikut :
No
Nama Calon Kasun
Jumlah Suara
1
Kusdianto
115
2
Endin Sukrisno
167
3
Agus Buhari
319
4
Nurhadi
587
5
Edi Pranoto
408

Jumlah Suara Sah
1.596

Jumlah Suara Tidak Sah
38







Tidak ada komentar:

Posting Komentar