Walikota Batu meninjau Tanah Longsor di Desa Tulungrejo

 BATU - Hujan deras yang berlangsung kemarin siang hingga sore (5/3/2018) mengakibatkan longsor yang menimpa rumah Ibu Juariah di Desa Tulungrejo, Bumiaji. Longsor terjadi sekira pukul 16.00 WIB. Dimensi longsor mencapai kurang lebih lebar 5,5 meter dan tinggi 7 meter. Disusul dengan longsor di jalan Pura Giri Luhur Arjuna, Desa Tulungrejo, Bumiaji yang terjadi sekira pukul 19.00 WIB.

Hasil kaji cepat BPBD Kota Batu didukung informasi dari warga sekitar, longsor terjadi karena kondisi tanah labil dipicu dengan hujan deras. Hingga material longsor menimpa rumah Ibu Juariah dengan kerusakan di bagian dapur. Sejak kemarin malam sampai saat ini (6/3/2018) Ibu Juariah dan suami mengungsi di rumah kerabat.

Untuk longsor di jalan Pura Giri Luhur Arjuna berdampak pada tertutupnya akses jalan raya, perekonomian warga dan terganggunya wisatawan yang ingin beribadah. Dimensi longsor kurang lebih panjang 7 meter, tinggi 12 meter dan tebal 1,5 meter.

Setelah berkoordinasi dengan warga dan perangkat desa Tulungrejo, pagi ini dilaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor. BPBD Kota Batu bersama Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Penanggulangan Kebakaran, Koramil Bumiaji, Polsek Bumiaji,  FPRB Tulungrejo perangkat desa dan warga sekitar gotong royong melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor tersebut.

Walikota Batu, Ibu Dewanti Rumpoko juga meninjau lokasi kejadian pagi ini. Dalam kunjungannya Walikota Kota Batu menemui dan memberikan bantuan kebutuhan dasar kepada korban terdampak dan memberikan pengarahan tindak lanjut penanganan darurat.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, BPBD tetap menghimbau kepada warga sekitar yang rumahnya dekat dengan lereng agar selalu tetap waspada khususnya saat kondisi hujan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar