Rabu, 21 September 2016

Awas, Coban Talun Banjir

Wisatawan yang menikmati indahnya alam Coban Talun sebaiknya waspada. Sebab, guyuran hujan terus-menerus belakangan ini, menambah debit air di dam yang berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji tersebut. Jika hujan terus mengguyur dan dam tidak mampu menampung luapan air, bisa mengakibatkan banjir.
Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Punten Bambang Sutrisno mengatakan, debit air di sabo dam Coban Talun terus bertambah. Tapi hingga kini masih aman. ”Karena airnya semakin deras, wisatawan yang berfoto di sabo dam harus hati-hati,” kata Bambang, kemarin.
Jika beberapa hari ke depan Kota Batu terus diguyur hujan, dia memastikan debit air akan terus meningkat. Demi keselamatan wisatawan, dia terus memantau kondisi wisata. Saat hujan, Bambang melarang wisatawan di titik air terjun. Sebab, dikhawatirkan tiba-tiba terjadi banjir dan menimpa wisatawan.
Di lokasi coban telah dipasang banner bertuliskan peringatan. Misalnya, hati-hati saat berfoto atau selfie. Pemasangan banner itu diharapkan bisa membuat pengunjung waspada. ”Tapi di lokasi sabo dam belum kami beri tulisan peringatan. Wisatawan tetap harus berhati-hati,” katanya.
Di sisi lain, bertambahnya debit air di sabo dam Coban Talun bisa dimanfaatkan untuk irigasi lahan pertanian. Selama ini, lahan pertanian di kawasan Bumiaji mengandalkan air dari Coban Talun, sehingga musim kemarau pun tidak kekurangan air.
”Kalau musim kemarau tahun lalu, kami kekurangan air. Tahun 2016 ini sepertinya air melimpah,” kata dia.
Sumber : Radar Malang.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar