Pengelolaan Coban Talun Kota Batu Konsep Sudah Ada, Investor Masih Cari



MALANGTIMES06-08-2014 - 08:38 WIB Pemerintah Kota Batu mengaku sudah menerima beberapa konsep pengembangan wana wisata Coban Talun Desa Tulungrejo Kota Batu.
Kepala Bagian Humas Pemkot Batu, Sinal Abidin mengatakan, salah satu konsep yang diberikan kepada pemerintah Kota Batu itu berasal dari sebuah yayasan. “Ketua BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, red) Kota Batu, Sasmito sudah melakukan komunikasi dengan pihak yang menawarkan konsep itu, ” kata Sinal kepada MALANGTIMES.
Dikonformasi terpisah, Ketua BPBD Kota Batu, Sasmito mengatakan bahwa pihaknya mengaku bertemu dengan sebuah yayasan yang menawarkan konsep pengembangan Coban Talun. “Ya kami telah ketemu dengan yayasan Alam Bumi Lestari yang menawarkan konsep pengembangan Coban Talun secara komprehensif. Ada perhutani, LMDH atau desa dan ada pula investor,” katanya.
Sasmito juga mengakui sudah bertemu dengan LMDH Desa Tulungrejo untuk membahas konsep yang ditawarkan itu. “Karena ini amanah ya akhirnya kami ketemu dengan LMDH sebagai salah satu pihak yang diharapkan terlibat untuk pengembangan Coban Talun,” katanya.
Ia juga mengatakan, upaya melibatkan LMDH dan Desa agar bisa turut mengelola wisata tersebut untuk memberikan jalan agar pelan-pelan masyarakat meninggalkan hutan sebagai ladang bercocok tanam. “LMDH dalam mencukupi kebutuhan lewat wisata, tidak lewat pengolahan hutan lagi. Biar hutan kembali lindung dan lestari,” kata Sasmito.
Hanya saja kata Sasmito, yayasan tersebut, hanya menawarkan konsep dan gagasan tentang pengembangan wana wisata Coban Talun. Sementara investornya Pemkot Batu masih melakukan berbagai upaya untuk menarik investor yang cocok dengan keinginan bersama. “Yayasan Alam Bumi Lestari hanya menawarkan konsep ke pemkot dan selanjutnya ditindak lanjuti,” kata Sasmito.
“Jadi konsepnya itu kan bagus. Apa nanti didatangkan investor dari luar apa diambilkan dari anggaran daerah. Itu menjadi keputusan pemerintah. Kalau diambil dari anggaran daerah, sepertinya sudah telat,” tambahnya.
Pemerintah kota Batu sendiri menurut Sasmito cukup tertarik dengan konsep yang ditawarkan oleh yayasan tersebut. ” Secara konsep bagus sekali. Selain sebagai ladang pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Coban Talun jika dikelola dengan baik juga dapat menambah destinasi wisata baru bagi Kota Batu ke depan,” katanya. (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar