Pemkot Batu Siap Lebarkan Jalan Menuju Coban Talun



MALANGTIMESMuhammad Agus Salim18-07-2014 - 07:50 WIB Kendati mendapatkan penolakan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat, soal pengembangan taman wisata Coban Talun dengan cara mendatangkan investor, namun pemerintah Kota Batu rupanya tetap ‘ngotot’ memberikan fasilitasi kerja sama tersebut. Menurut Kepala Humas Pemerintah Kota Batu, Sinal Abidin penolakan itu wajar karena masyarakat dan pemerintah Kota Batu serta Perhutani belum pernah bertemu khusus membahas masalah Coban Talun.
“Itu bukan penolakan. Namun semacam sinyal bahwa masyarakat sebenarnya juga mau dan mampu jika dilibatkan untuk pengelolaan Coban Talun. Kalau masyarakat mampu mengelola maka itu akan jauh lebih baik daripada harus mendatangkan investor,” katanya kepada MALANGTIMES.
Ditambahkan Sinal, niatan pemerintah Kota Batu mendorong pembangunan Coban Talun hanya satu yakni membuat masyarakat Coban Talun semakin sejahtera dan terlibat aktif dalam pengelolaannya. “Kami hanya punya satu tujuan yakni membuat masyarakat sekitar Coban Talun semakin sejahtera dan makmur. Selebihnya kami nggak punya tujuan lainnya,” katanya.
Bahkan saat disinggung soal fasilits jalan menuju Coban Talun yang sempit, Sinal memastikan pemerintah Kota Batu tidak akan keberatan untuk memperbaiki akses jalan agar lalu lintas menuju Coban Talun lebih baik lagi. “Selama ini kan kami juga bingung. Karena pengelolaannya bukan ada kami atau masyarakat. Tapi kalau nanti sudah dikelola bersama LMDH atau masyarakat maka kami siap membicarakan untuk memperbaiki faslitas jalan dan yang lain,” katanya.
Bagi pemerintah Kota Batu, kata Sinal membanguan akses jalan bukan sesuatu yang sulit. Namun memang harus ada konsep yang jelas. “Nggak sulit kok. Kalau memang dibutuhkan kita tinggal bicarakan dengan masyarajat sekitar lalu kemudiuan dibangun bagaimana baiknya. Kalau perlu luas yang diluaskan kalau perlu baik ya diperbaiki. Intinya kami ingin mendorong agar masyarakat sekitar Coban Talun lebih baik lagi,” imbuhnya.
Sebagaimana diketahui pemerintah Kota Batu sangat menginginkan wana wisata Coban Talun Desa Tulungrejo Kota Batu dikelola dengan baik. Pemkot juga mengusulkan ke Perhutani agar pengelolaanya melibatkan masyarakat sekitar. Bahkan jika perlu Pemkot Batu siap menjadi fasilitator untuk mendatangkan investor. Hanya saja niat mendatangkan investor itu langsung ditolak LMDH Tulungrejo yang khawatir investor malah akan meninggalkan penduduk lokal. (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar