Pengurus KIM Batu diharapkan meningkatkan kemampuan mengakses informasi




PERTEMUAN KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)  Desa / Kelurahan Se Kota Batu
Bertempat di Balai Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada tanggal 27 Maret 2013 yang berlangsung mulai jam 10.25 hingga 12.30.  Maksud dan tujuan diadakan pertemuan ini sebagai sarana silahturahmi bagi pengurus KIM Desa Kelurahan, membahas program kegiatan tahun 2013, merencanakan anjangsana pada KIM Desa yang akan diadakan tahun 2013 untuk 2 KIM Desa di Batu, dan untuk meningkatkan kinerja KIM.
Kepala dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Batu Drs. Abdillah Alkaf dalam sambutannya berpesan kepada Pengurus KIM Se kota Batu, pengurus KIM agar semakin meningkatkan kemampuan dalam mengakses informasi, menyalurkan aspirasi masyrakat, bersinergi dalam berbagai kegiatan yang ada di desa, dapat menjadi pelopor di bidang informasi di desanya, dapat mempromosikan produk unggulan yang ada di desanya dan tidak kalah pentingnya tahun 2013 ini ada beberapa desa akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) agar bisa membantu dalam pelaksanaannya sehingga bisa berlangsung tertib, aman dan rahasia.
KIM Kelurahan Temas telah menerbitkan Newsletter yang menampilkan kegiatan yang ada di Kelurahan Temas, diharapkan bulan April nanti KIM Kota Batu juga bisa menerbitkan buletin yang sama. Untuk meningkatkan kemampuan pengurus terutama Ketua dan Sekretaris pada bulan Juni 2013 akan diadakan Outbond. Selain itu Dishubkominfo telah bekerjasama dengan televisi lokal ATV-KOMPAS dalam program I Love Malang yang ditayangkan pada hari jum’at jam 10.00 s.d 11.00 diharapkan bisa dijadwalkan masing-masing KIM Desa / Kelurahan dapat bergantian mengisi di acara tersebut untuk mempromosikan produk unggulan dari Desa / Kelurahannya.

Dalam kesempatan tersebut juga membahas Pekan KIM Se Jawa Timur yang rencananya akan dilaksanakan di Sumenep pada tgl 23 s.d 27 April 2013. Kegiatan tersebut akan diadakan Lomba Stand antar KIM Kabupaten / Kota, LCCK  (Lomba Cerdik Cendekia Kreative) dan Purtura (Pertunjukan Rakyat). Karena keterbatasan dana yang ada di Dishubkominfo Batu delegasi yang akan berangkat ke Sumenep tidak bisa di ikuti oleh semua Pengurus KIM seperti yang biasanya dilakukan pada beberapa tahun yang lalu, tapi hanya para pemain Purtura, penjaga stand dan dari Dinas sebanyak 20 orang dengan naik bis.
Heru Joko Purwanto Ketua KIM Kota Batu mengharapkan agar Koran Desa Kelurahan segera bisa diwujudkan bila masing-masing KIM Desa Kelurahan memiliki dana kas sendiri-sendiri, dan pengurus KIM yang kurang aktif agar bisa dilakukan penyegaran. BNN Kota Batu mengajak KIM untuk bisa bersinergi dalam kegiatan Anti Narkoba.

Pengurus KIM Desa Giripurno mengharapkan dapat bantuan Laptop dari Pemkot Batu, karena merasa sangat membutuhkan alat tersebut untuk kegiatan penyampaian informasi pada masyrakat. Dishubkominfo tidak bisa menjanjikan memberikan hibah karena masih menjadi satu dengan Dinas Perhubungan, tapi apabila bisa menjadi Kantor Kominfo tersendiri tentunya hal tersebut bisa dianggarkan. Harapannya pada  tahun 2014 bisa menjadi Kantor Kominfo tersendiri. (Arif)


1 komentar:

  1. Kami pemerhati Kim dari Kab. Malang kami ingin bergabung pada kegiatan Kim di kota batu kalau berkenan dinsaat ada giat kim kami siap datang jika di undang pak hari warisbi

    BalasHapus