Minum Air Putih, bagus untuk Kesehatan

Minum Air 2,5 Liter Biar Otak Moncer

Sabtu, 23/03/2013 09:32 WIB

Penyuluhan kesehatan di MAN (dan)

Memo — Tidak hanya butuh kegemblengan mental dan kesiapan penguasaan pelajaran, seorang siswa harus menjaga kesehatan badannya menjelang Ujian Nasional (UN) yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Salah satunya dengan membiasakan diri minum air putih sebanyak 2,5 liter setiap harinya akan sangat membantu vitalitas tubuh dan membuat otak para siswa lebih moncer.

Hal itu dikemukakan oleh dr Endang Triningsih, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada 224 siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Kota Batu, Kamis (21/3/2013).

“Setiap hari harus minum air putih 2,5 liter supaya otaknya moncer dan racun-racun ditubuh hilang, serta jauhi minum softdrink dan makanan ringan, tahu kan softdrink?,” tegas dr Endang disambut anggukkan kepala para siswa.


Selain dibekali pengetahuan seputar kesehatan, para siswa MAN ini diajari teknik penguasaan diri untuk menghadapi UN. Cara ini diperlukan agar para siswa bisa mengendalikan diri dan tidak perlu was-was saat menghadapi ujian.

Salah satu hal yang penting adalah cara belajar siswa. Siswa diharapkan belajar pada pagi hari sebelum subuh. ”Cari cara belajar sendiri, dan atas kehendak sendiri, hal itu akan memudahkan kita menyerap materi pelajaran. Selain itu suasana sepi akan memudahkan otak menangkap materi yang dipelajarinya,” papar Sayekti Pribadiningtyas, psikolog Dinas Kesehatan Kota Batu.

Penyuluhan kesehatan dan psikologis anak ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu bekerjasama dengan sekolah-sekolah di Kota Batu. Winarso, Kepala Sekolah MAN 2 Kota Batu menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan anjuran Dinkes Kota Batu.

”Waktu ada workshop kepala sekolah beberapa waktu lalu, Dinkes menawarkan ada penyuluhan kesehatan ini, akhirnya kita mengajukannya dan direspon positif oleh Dinkes,” ujarnya.

Penyuluhan seperti ini sangat dibutuhkan para siswa untuk kesiapan mental siswa. Menurutnya, ketegangan yang berlebihan akan mempengaruhi kondisi kesehatan siswa yang nantinya berdampak pada hasil Unas.

Sekolah ini juga mengajak para orang tua dan siswa secara rutin menggelar doa bersama dan pengajian untuk memberikan kekuatan mental siswa.

(dan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar