Koperasi Tingkat RW di Kota Batu nyaris Sukses terbentuk semuanya



Koperasi RW Nyaris Sukses, Rp 3,2 M Terserap
Minggu, 16 Desember 2012 21:33 WIB | Editor: Satwika Rumeksa | Reporter : Iksan Fauzi

SURYA Online, BATU– Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan UMKM (Disperindag UMKM) Kota Batu nyaris sukses dalam menerapkan program koperasi untuk RW sebesar Rp 3,5 miliar. Dari 237 RW, sudah terbentuk koperasi RW di 216 RW. Sehingga, untuk anggaran 216 RW ini, Diskoperindag dan UMKM sudah mengucurkan Rp 3,2 miliar.

Kepala Diskoperindag dan UMKM Kota Batu, M Chori mengatakan, kucuran Dana sebesar itu bertujuan meningkatkan usaha masyarakat kalangan bawah. Selain itu, sesuai pesan Wali Kota, Eddy Rumpoko, program ini dalam rangka memberantas bank titil alias lintah darat.

”Kami berharap, sisa 21 RW lagi bisa menyelesaikan proses badan hukum komperasinya. Sehingga, nanti dana bisa kami cairkan sebelum masuk tahun baru," papar Chori, Minggu (16/12/2012).

Ia menambahkan, dalam upaya pembentukan koperasi ini, pihaknya hanya memfasilitasi bantuan proses pembentukan Badan Hukum serta bantuan permodalan, dimana tiap RW bisa mendapat Rp 15 juta.

Di Batu, terdapat 237 RW dari 24 desa/kelurahan. Sedangkan dana Rp 3,5 miliar dari perubahan anggaran keuangan(PAK) tengah tahun lalu. Ia mengatakan, agar program ini sukses, pihaknya berharap partisipasi masyarakat Batu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar