Pemkot Fukushima Jepang Studi Tanaman Apel Ke Desa Tulungrejo Dan Studi Sayur Ke Desa Sumber Brantas.


Kim Anjasmoro Kota Batu – Kamis (20/9/2018) bertempat di Kantor Kepala Dinas Pertanian Kota Batu telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Tim JA Fukushima Mirai, ERM Japan, Dinas Pertanian dan PT Batu Wisata Resource.



Menurut pimpinan rombongan Mr.Miyazaki  tujuan rapat koordinasi awal ini adalah:
  1. Untuk memberikan penjelasan singkat tujuan dilakukan survei, jadwal aktivitas di Indonesia dan berdiskusi mengenai rantai suplai  dari produsen ke konsumen  agrikultur di Kota Batu.
  2. Survei terhadap rantai suplai hasil hortikultura  saat ini di Kota Batu dan pertimbangan kemungkinan ekspansi rantai suplai dengan mengunjungi 3 pelaku usaha berikut dan diskusi selama kunjungan bersama dengan Dinas Pertanian dan  PT Batu Wisata Resource.
  3. Saling berbagi pengalaman dengan para petani dari kota Batu dan Tim Fukushima Jepang. Diskusi dengan kelompok tani baik kelompok tani apel maupun kelompok tani sayur mayur permasalahan apa saja yang dihadapi oleh para petani di Kota Batu.
  4. Mereka juga mengundang pemerintah Kota Batu untuk berkunjung ke Kota Fukushima Jepang pada bulan Oktober 2018 agar bisa melihat tanaman Apel yang sedang berbuah lebat.
  5. Di Jepang terdiri dari 4 musim yaitu musim dingin, musim panas, musim semi, dan musim gugur sehingga tanaman apel bisa tumbuh dan hasilnya maksimal karena saat musim dingin/salju ham mati.
     
Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono, bahwa Kunjungan Tim dari Kota Fukushima Jepang ini nantinya akan turun ke lapangan selama 3 hari, dan tim dibagi 2 kelompok. Hari pertama besok dilakukan oleh Tim 1 yang dimulai jam 09.00 ketemu pedagang pengepul hasil pertanian UD Riadi di Desa Giripurno, setelah itu diajak ke taman wisata Selecta, usai shalat Jum’at dan makan siang langsung menuju ke Desa Sumberbrantas. Tim dari Kota Fukushima Jepang akan bertemu Kelompok Tani Anjasmoro Putri dan Kelompok Tani Anjasmoro Jaya Abadi 04. Ke Desa Sumberbrantas ini untuk mengamati ke lapangan tanaman Wortel, Sawi Putih dan Kentang produk unggulan Desa ini.


Tim 2 berangkat dari Balai Kota Among Tani pukul 08.30 dan diperkirakan sampai di Kelompok Tani Apel Arjuno 2 di Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo jam 09.00, yang rencananya juga diikuti oleh Kelompok Tani Maju Bersama dari Dusun Gerdu. Tim dari Kota Fukushima Jepang berharap selain berdiskusi ditempat Kelompok Tani Arjuno 2, minta dibawa ke kebun apel yang perawatannya paling bagus  dengan buah apel yang berbuah lebat, juga dibawa ke kebun apel yang terserang penyakit atau tanaman apelnya tidak berbuah. Acara di kelompok tani apel ini diperkirakan hingga menjelang shalat Jum’at. Setelah itu rombongan menuju ke pedagang apel bernama Wiri di Desa Bumiaji, mereka ingin meneliti proses pensortiran apel dan pengemasan apel saat akan dijual kepada pembeli diluar kota Batu. (arif erwinadi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar