Studi Komperasi Kecamatan Bumiaji ke Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

KIM Anjasmoro Tulungrejo Batu - Pada hari Rabu, 6 Juni 2018 Pemerintah Kecamatan Bumiaji Kota Batu mengajak Kepala Desa, Ketua BPD, dan beberapa Sekretaris Desa yang ada di Kecamatan Bumiaji untuk Studi Banding ke kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut sesuai dengan Surat Camat Bumiaji tertanggal 6 Juni 2018, dalam rangka Studi Komperasi Kecamatan Bumiaji ke Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo terkait pendampingan desa serta manajemen keuangan desa. Dalam surat tersebut disampaikan bahwa untuk kendaraan dan akomodasi disediakan oleh kecamatan Bumiaji. Dalam surat tersebut disampaikan bahwa peserta diharapkan kumpul jam 09.00 sehingga perjalanan ke Sidoarjo berangkat dari kecamatan Bumiaji jam 10.00, dan dari rombongan tersebut ternyata Ketua BPD Bulukerto datangnya terlambat sehingga tidak jadi ikut.
Menurut Bambang Eko Pribadi Ketua BPD Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, rombongan tiba di kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo jam 13.00. Karena datangnya sudah sangat siang acara langsung dimulai dan waktunya dibatasi hingga jam 15.00. Ternyata di Kecamatan Sukodono semua proses perencanaan, penganggaran dan pembahasan Perdes APBDes selalu tepat waktu. Sehingga tidak sampai terjadi SILPA terlalu besar disetiap tahunnya. Rencana Angggaran Biaya (RAB) selalu disusun lebih awal, sebelum menyusun RKPDes (Rencana Kerja Pembangunan Desa) maupun APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). Jadi Kepala Desa bersama BPD sebelum membahas Perdes RKPDes dan Perdes APBDes, yang dibahas diawal adalah Rencana Angggaran Biaya (RAB)nya. Setelah RAB nya jadi kemudian dilakukan pemeriksaan dilapangan untuk mengecek volume yang telah tertulis di RAB apakah sesuai dengan kondisi dilapangan. Apabila RAB nya sudah tidak ada masalah, barulah Kepala Desa dan BPD melakukan pembahasan dan penetapan Perdes RKPDes dan Perdes APBDes.
Dengan regulasi desa yang tepat waktu tentunya pemeritah Kabupaten Sidoarjo akan segera mentransfer anggaran baik yang bersumber dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Bagi Hasil Pajak (BHP) selalu tepat waktu. Sehingga saat dilaksanakan pembangunan dengan anggaran yang bersumber Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Bagi Hasil Pajak (BHP) untuk pelaksana pembangunan yaitu Kepala Dusun langsung menyiapkan dokumen SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) kegiatannya. Sehingga pembangunan selesai langsung dokumen SPJ mengikuti selesai pula, demikian menurut Bambang Eko Pribadi Ketua BPD Tulungrejo.
Menurut Heru Setya Aji peserta dari BPD Giripurno Kecamatan Bumiaji bahwa di Kecamatan Sukodono semua Pemerintahan Desa mempunyai komitmen yang sama. Satu tujuan bahwa penyusunan Perdes APBDes harus tepat waktu. Kepala Desa sangatlah transparan dan akutanbilitas terhadap Anggaran Desa. BPD dengan Kepala Desa selalu sinergis. Semua koordinator pekerjaan ke Sekretariatan di setiap Desa di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo langsung dibawah Sekretaris Desa. Peran Sekretaris Desa sangat tinggi dalam mengorganisir Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan di Desa ( PTPKD ). Sekretaris Desa menyiapkan seluruh agenda kerja harian. Sekretaris Desa disana setiap hari datang lebih awal dibandingkan dengan Perangkat Desa maupun Staf desa lainnya. Sekretaris Desa datang jam 07.00 sebelum Kaur (Kepala Urusan) datang, membuat uraian tugas (Job Description) harian untuk para Kepala urusan, Kepala Seksi dan Staf. Jadi pekerjaan di desa setiap hari masing-masing personal dapat terukur hasilnya. Dan tugas Sekretaris Desa memantau dokumen SPJ dari setiap kegiatan yang telah selesai dikerjakan. Dengan besarnya anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat maupun pemerintah Kabupaten/Kota ke setiap desa dituntut ada Sekretaris Desa yang kreatif dan inovatif demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa. Semoga hasil studi komperasi pemerintahan desa se kecamatan Bumiaji tersebut bisa diterapkan di desanya masing-masing baik oleh Kepala Desa, Ketua BPD dan Sekretaris Desa sehingga dalam Penyusunan Perdes APBdes, Perdes RKPDes dan RABdes selalu tepat waktu. (arif erw)(arif erw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar