Di Coban Talun, Presiden Serahkan 758 KIP, KIS dan KKS Kota Batu

Batu, SeputarMalang.Com  –  Dr. H. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Kota Batu menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada perwakilan masyarakat Kota Batu.
KIP, KIS, KKS diserahkan kepada 758 orang penerima dari Presiden Ir. H. Joko Widodo yang di dampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan
Gubernur Jawa Timur di Bumi Perkemahan Coban Talun, Dusun Junggo, Ds. Tulung Rejo, Kec Bumiaji, Kota Batu, Kamis (21/5/2015).
Rombongan Gubernur Jawa Timur beserta Presiden Jokowi tiba di Bumi Perkemahan tepat pukul 14.00 Wib. Pada saat Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim tersebut yang di dampingi oleh Dra. Hj. Nina Soekarwo memasuki kawasan Coban Talun banyak masyarakat yang berebut untuk berjabat tangan.
Dalam arahannya, Jokowi menekankan kepada masyarakat penerima kartu untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika mereka pemegang kartu keluarga sejahtera agar dipergunakan sesuai kebutuhan kehidupan sehari-hari.
Jokowi Presiden menambahkan, untuk KIP masyarakat harus menggunakannya dengan baik dan tepat. Pemerintah memberikan KIP agar dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah seperti seragam, buku buku sekolah dan keperluan sekolah lainnya, jangan sampai dipergunakan bukan pada tempatnya.
Jokowi menjelaskan, anggaran kartu yang diberikan oleh pemerintah berasal dari subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dialihkan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan dan kemasyarakatan hingga pembangunan infrastruktur daerah.
Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjelaskan, bahwa masyarakat pemegang kartu keluarga sejahtera bisa diambil uangnya sebulan Rp. 200.000 selama 3 bulan. “Jadi bapak atau ibu yang memegang KKS bisa mengambil uangnya di Kantor Pos dan tidak perlu bingung berebut atau mengantre hingga panjang, karena bisa diambil sewaktu-waktu,” imbuhnya.
Sedangkan, untuk pemegang KIP bagi murid SD akan menerima uang Rp.450.000/tahun dan bisa diambil pada bulan juni tepatnya pada saat kenaikan kelas. Bagi siswa SMP akan menerima uang bantuan sekolah sebesar Rp. 750.000 sementara itu untuk siswa SMA/SMK mendapatkan uang senilai Rp. 1.000.000 selama satu tahun.”Jadi tolong dipergunakan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan,”ungkapnya.
Puan melaporkan, bahwa untuk Dusun Junggo, Ds. Tulung Rejo, Kec Bumiaji, Kota Batu diserahkan sebanyak 758 kartu tersebut terdiri dari Kartu Penyandang Disabilitas penerimanya sebanyak 5 orang, Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 133 orang, Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebanyak 439 orang dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebanyak 181 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar